Hindari Kanker Payudara Dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

0
35
216723
216723

Pria Dan Wanita Beresiko Mengidap Penyakit Kanker Payudara. Ayo Cegah Dengan 5 Makanan Ini.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang cukup menciptakan khawatir para perempuan selain kanker serviks. Dikutip dari Alo Dokter, sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara perempuan mirip kanal keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya mirip jaringan lemak.

Selain hormonal, gaya hidup dan faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab kanker payudara. Namun setiap orang dengan gaya hidup yang hampir sama mempunyai resiko yang berbeda terhadap kanker tersebut.

Bagi para pria, kalian juga harus tetap berhati-hati. Pasalnya, kanker ini juga sanggup menyerang kaum laki-laki, lho. Penelitian menandakan bahwa laki-laki mempunyai resiko sekitar 1:100.000. Memang jumlah yang sedikit, tapi hal itu dihentikan mengurangi kewaspadaan kalian.

Berikut 5 masakan yang sanggup menjauhkan kalian dari kanker payudara, dilansir dari Eat This, Not That! Yuk simak.

  1. Ubi Jalar

Siapa sangka ubi jalar rupanya baik untuk mencegah kanker payudara. Makanan satu ini kaya akan karotenoid yang dikenal sebagai beta karoten.

Jurnal dari studi Nation Cancer Institute menemukan bahwa perempuan akan mempunyai resiko 17 persen lebih rendah terkena kanker payudara bila mempunyai tingkat beta karoten yang tinggi dalam darahnya. Teorinya yaitu karotenoid mengandung senyawa yang membantu untuk mengatur pertumbuhan, pertahanan dan perbaikan sel.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang paling mudah untuk dijumpai. Rupanya, sayuran ini mengandung flafonoid phytonutrisi yang bisa mencegah penyakit kanker payudara, alasannya yaitu sifat antikankernya.

Senyawa flafonoid yang terkandung dalam bayam bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara mencapai 34%. Serta serat dalam bayam juga sanggup membantu melawan sel kanker payudara.

  1. Brokoli
BACA JUGA:  Generasi Milenial Rentan Depresi, Ini 4 Cara Melatih Mental semoga Lebih Kuat

Sayuran mirip brokoli memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sayuran ini mengandung senyawa anti-flamasi yang dekenal sebagai sulforaphane yang berfungsi untuk menghilangkan materi kimia penyebab kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan di Tiongkok menemukan bahwa penderita kanker payudara yang sering mengasup sayuran golongan cruciferous mirip brokoli, kubis, atau sawi, hasilnya untuk meninggal akhir kanker payudara 62 persen lebih rendah. Selain itu, resiko kambuhnya penyakit ini juga 35 persen lebih rendah.

  1. Ikan Salmon

Salmon merupakan ikan berlemak yang kaya akan lemak sehat terutama lemak omega 3. Lemak esensial ini banyak dikaitkan dengan peningkatan prognosis kanker payudara.

Analisis skala besar studi internasional yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menandakan bahwa perempuan yang mengonsumsi asam lemak omega 3 dari ikan mempunyai resiko menderita kanker payudara 14 persen lebih kecil. American Heart Association merekomendasikan menambahkan 3,5 ons ikan berlemak ke dalam sajian makan dua kali seminggu.

  1. Jamur

Menurut studi International Journal of Cancer, mengonsumsi satu porsi jamur sehari mungkin membantu melindungi kalian dari kanker payudara, lho. Penelitian seorang guru besar Universitas Indonesia telah membuktikannya juga.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa beta-glukan yang terkandung pada jamur tiram berfungsi merestorasi sistem imun yang semula lemah, dan bisa melawan sel kanker. Kaprikornus jangan ragu untuk mengonsumsi jamur tiram ya, apalagi di Indonesia sangat banyak jamur jenis ini, lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.