Cegah Kelelahan dengan Nutrisi dan Tidur Cukup

0
33

Tidur merupakan kunci utama yang dibutuhkan tubuh semoga kondisi tubuh tetap prima. Namun, sering kali dikala acara padat, tidur jadi berkurang. Tak jarang seseorang melewatkan tidur dalam sehari.

Seperti yang terjadi pada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dikala Pemilu 2019 beberapa waktu lalu. Sebanyak 91 petugas meninggal dunia dan 374 lainnya meninggal dunia alasannya adalah faktor kelelahan.

Untuk menyiasati kondisi tubuh di tengah padatnya aktivitas, selain tidur dibutuhkan juga nutrisi yang bergizi. Nutrisi ini berasal dari masakan dengan komposisi gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein, serat, dan vitamin.

“Dibutuhkan ekstra energi dari makanan, namun tetap dengan teladan makan seimbang antara nasi, sayur, lauk nabati, dan hewani, serta buah,” kata andal gizi, Profesor Saptawati Bardosono kepada CNNIndonesia.com.

Saptawati juga menyebut, beberapa masakan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh mirip telur, susu, dan buah-buahan yang berwarna. Suplemen vitamin dan mineral juga mampu dipakai untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Telur atau pun susu serta buah berwarna akan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, biasanya zat-zat bergizi tersebut kurang mampu terpenuhi dari masakan sehingga perlu embel-embel vitamin dan mineral,” ucap Saptawati yang bergelar profesor di Universitas Indonesia.

Saptawati juga menyarankan untuk banyak mengonsumsi air putih dan mengurangi gorengan untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

“Saat tubuh sedang tidak fit, maka semua kegiatan dan konsumsi yang tidak sehat akan mengakibatkan masalah,” ujar Saptawati.

BACA JUGA:  Menu Sarapan Sehat Pilihan Orang Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.