Minum Air Dingin Vs Hangat, Mana yang Lebih Baik?

0
19
Minum Air Dingin Vs Hangat, Mana Yang Lebih Baik
Minum Air Dingin Vs Hangat, Mana Yang Lebih Baik

AIR memberi kita kehidupan, dan kita semua niscaya tahu bagaimana nikmatnya minum air untuk melepas rasa dahaga. Namun, air dengan suhu mirip apa yang paling baik bagi kesehatan?

Sistem pengobatan kuno mirip Ayurveda yang berasal dari India lebih dari 3.00 tahun yang kemudian dan pengobatan tradisional China menyoroti pentingnya suhu air minum dan dampaknya pada tubuh.

Jadi, dengan kata lain, keduanya mempunyai manfaat, meskipun hal ini tergantung pada kondisi tertentu. Lalu, mari kita lihat banyak sekali keuntungannya di bawah ini!

Manfaat minum air hangat

  1. Membantu kelancaran pencernaan

Menurut Ayurveda dan pengobatan Cina kuno, Anda harus minum segelas air hangat di pagi hari. Hal ini lantaran air hangat mampu mengaktifkan sistem pencernaan Anda, yang tentu mampu membantu Anda untuk menghindari gangguan pencernaan.

Selain itu, minum air hangat juga mampu merangsang pedoman darah menuju usus dan mampu membantu mencegah sembelit.

  1. Membuang toksin dari tubuh

Salah satu manfaat dari minum air hangat ialah detoksifikasi. Air membantu menyingkirkan seluruh zat yang tidak murni dalam tubuh.

Selain itu, dokter juga menyarankan untuk menambahkan sedikit jus lemon segar ke dalam air hangat untuk hasil detoksifikasi yang lebih baik.

Lemon akan merangsang pencernaan dan membuang racun, sedangkan air hangat tidak memerlukan terlalu banyak energi untuk asimilasi. Anda mampu menambahkan bahan-bahan lainnya untuk pencucian racun, mirip madu, mint segar, irisan mentimun, kayu manis, atau irisan apel untuk menjaga badan Anda terhidrasi dan bebas dari racun.

  1. Menghambat penuaan

Menghambat penuaan ialah manfaat yang luar biasa yang dimiliki oleh air hangat. Seperti yang sudah dijelaskan, air hangat akan mengeluarkan racun dari tubuh, terutama racun yang mampu mengakibatkan penuaan dini. Pada dasarnya, hal tersebut juga mampu memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

  1. Meredakan hidung tersumbat
BACA JUGA:  Iker Casillas Kena Serangan Jantung, Kenali Faktor-Faktor Penyebabnya

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa air hangat sangat baik untuk orang-orang yang menderita hidung tersumbat dan batuk berdahak. Hal ini disebabkan oleh air hangat yang mampu bertindak sebagai ekspektoran alami untuk membantu pengenceran dahak dari kanal pernapasan.

  1. Melancarkan peredaran darah

Selain detoks, manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh air hangat ialah meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Minum air hangat juga mampu menghilangkan timbunan lemak dalam sistem saraf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.