Alami Susah Tidur? Coba Hindari 5 Kebiasaan Ini

0
107
0016944
0016944

Setelah menguras tenaga dengan beraktivitas seharian, seseorang niscaya memerlukan istirahat atau tidur. Kualitas istirahat mampu menghipnotis kondisi seseorang keesokan harinya lho.

Maka dari itu, tidur yang cukup dan nyaman sangat penting bagi setiap orang. Namun beberapa orang juga mengalami duduk perkara susah tidur. Mungkin hal tersebut disebabkan lantaran beberapa kebiasaan yang tidak baik.

5 kebiasaan ini mampu menciptakan kalian insomnia lho. Mari simak bersama.

  1. Berolahraga di Waktu yang Tidak Tepat
    Berolahraga di Waktu yang Tidak Tepat
    Olahraga memang merupakan suatu kebiasaan baik yang penting untuk tubuh. Namun, berolahraga juga harus memperhitungkan waktunya ya.

Sebaiknya jangan berolahraga terlalu malam. Pasalnya, hal tersebut menjadikan kalian tidak menerima waktu tidur yang cukup. Berolahraga dianjurkan dikala siang hari, lebih baik lagi bila dilakukan pada pagi hari.

  1. Merokok Ganggu Kenyamanan Tidur
    Merokok Ganggu Kenyamanan Tidur
    Efek kecil dari merokok salah satunya yaitu insomnia bila dilakukan menjelang tidur. Eksperimen yang dilakukan Universitas Rochester tahun 2013 kemudian menemukan bahwa merokok sebelum tidur mampu menjadikan ganguan pada ritme sirkadian.

Kosekuensi gangguan ritme sirkadian tidak hanya mengganggu tidur lho, tetapi juga meningkatkan resiko terkena depresi dan gangguan psikis lainnya. Selain itu, merokok sebelum tidur beresiko mengalami gangguan tidur ringan mirip sering terbangun.

  1. Minum Alkohol Bikin Kualitas Tidur Menurun
    Minum Alkohol Bikin Kualitas Tidur Menurun
    Banyak orang yang menyampaikan akan cepat mengantuk sesudah minum alkohol. Namun sebuah penelitian dari Universitas Melbourne menemukan bahwa orang yang meminum alkohol contoh tidurnya lebih lambat dari pada yang tidak.

Penelitian melihat gelombang delta pada otak. Namun, dikala yang bersamaan, gelombang alpha di otak juga meningkat dan itu terjadi ketika seseorang tak sedang beristirahat.

BACA JUGA:  Jangan hingga Usaha Berolahragamu Sia-sia dengan Menghindari 6 Kesalahan Ini

Ketika kegiatan delta dan alpha terjadi bersama-sama, contoh tidur terganggu. Aktivitas ganda tersebut biasanya juga terjadi pada orang-orang yang tengah sakit kronis.

  1. Bermain Gadget Sebelum Tidur Timbulkan Berbagai Penyakit
    Bermain Gadget Sebelum Tidur Timbulkan Berbagai Penyakit
    Jika kalian mengalami sulit tidur, mungkin bermain gadget di malam hari menjadi penyebabnya. Cahaya biru yang dihasilkan layar mirip dai ponsel mampu menunjukkan sinyal kepada otak semoga tetap terjaga.

Selain itu, penggunaan gadget sebelum tidur pun menjadikan aneka macam penyakit lainnya. Seperti depresi, kerusakan mata, gangguan saraf, kelelahan otak dan masih banyak lagi.

  1. Makan di Malam Hari Bikin Tubuh Lelah
    Makan di Malam Hari Bikin Tubuh Lelah
    Lapar memang satu hal yang menyiksa. Namun, makan dikala malam hari tidak baik lho. Tubuh akan kelelahan mencerna kuliner dan menjadikan kalian tidak mampu beristirahat dengan baik.

Tak hanya susah tidur, imbas jangka panjaangnya yaitu menaikkan berat badan, diabetes dan penyakit kronis lainnya. Maka dari itu, sebaiknya atur lah jam makan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.