Bukan Karena Makanan, Inilah 5 Penyebab yang Bisa Membuat Perut Kembung

0
144
7065
7065

Kembung merupakan suatu kondisi pada fisik yang terbilang menyebalkan di mana kita harus mencari obat untuk mengatasinya. Kembung biasanya mempunyai ciri perut terasa penuh dan kencang. Kondisi tersebut kerap disertai tanda-tanda buang gas berlebih, sendawa, dan perut yang terasa bergejolak. Kendati begitu, kembung masih dianggap sebagai penyakit sekunder yang tidak terlalu mengancam.

Ada banyak faktor penyebab di balik kembung. Dalam beberapa kasus, ada yang bahkan disebabkan lantaran hal tak terduga. Untuk tahu apa saja bantu-membantu penyebab dari perut kembung, mari simak ulasannya berikut ini.

  1. Naik Pesawat Terbang
    Naik Pesawat Terbang
    Pesawat terbang memang akan membawamu ke daerah liburan, namun juga berisiko menimbulkan perut kembung. Hal ini disebabkan tekanan udara di kabin yang jauh lebih rendah dibanding ketika di daratan. Kondisi tersebut mampu menciptakan gas di usus meluas sehingga perut terasa kembung, juga muncul rasa ingin terus buang angin.

Tetap terhidrasi ekstra dengan banyak minum air putih dan menghindari kudapan tidak sehat yakni cara terbaik untuk mengatasi perut kembung selama naik pesawat. Kamu juga mampu mengatasinya dengan minum teh peppermint atau permen peppermint untuk menemani perjalananmu selama di pesawat.

  1. Obat yang DiKonsumsi
    Obat yang DiKonsumsi
    Antibiotik sampai pil KB mampu menimbulkan perut kembung. Antibiotik memengaruhi basil di perut, yang mampu menimbulkan kembung. Obat ini mampu memperlambat sistem pencernaanmu mirip halnya dari perhiasan hormon. Cara mengatasinya yakni mengonsumsi probiotik untuk melawan antibiotik dan banyak minum. Suplemen magnesium harian juga mampu membantu mempercepat sistem pencernaan yang lambat.
  2. Makan Terburu-Buru
    Makan Terburu-Buru
    Kamu perlu mengatur ritme ketika makan, juga tidak makan berlebihan. Hal ini bukan saja lantaran soal adab tapi juga untuk menghindari perut kembung. Makan terburu-buru mampu membuatmu menelan lebih banyak udara dari verbal yang terbuka, yang di sini mampu jadi penyebab perut kembung.
  3. Minum dari Botol atau Sedotan
    Minum dari Botol atau Sedotan
    Minum dari wadah botol juga menggunakan sedotan mampu menciptakan problem pada pencernaanmu, yakni mengalami kembung. Alasannya, udara akan lebih banyak tertelan pada setiap tegukanmu dibanding dengan kau minum menggunakan gelas atau cangkir. Udara yang mengumpul di usus akan membuatmu merasa tak nyaman lantaran ingin terus buang gas.
  4. Minum Air Dingin
    Minum Air Dingin
    Mulai kini kurang-kurangi deh minum air dingin, alasannya yakni itu mampu memperlambat pencernaan. Tubuhmu pun harus mengeluarkan lebih banyak energi untuk menyerap air dingin. Air masbodoh juga mengencerkan cairan lambung, yang selanjutnya memperlambat proses pencernaan dan mampu menimbulkan kembung.
BACA JUGA:  Mengobati Pilek Alergi Tanpa Mengganggu Aktivitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.