Pola Makan Gak Teratur Bikin Gejala Kurang Serat Muncul? Atasi Dengan Mengkonsumsi 5 Makanan Ini Yuk

0
116
Almonds 768699 960 720 768x512
Almonds 768699 960 720 768x512

Serat merupakan salah satu nutrisi penting yang diharapkan tubuh kita. Saat kekurangan serat, gejala-gejala menyerupai tubuh terasa lemas, sering merasa lapar, dan sulit buang air besar gampang sekali muncul. Pernah mencicipi atau sedang mengalaminya, girls? Nah, satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan berserat. Ada 7 kuliner alami berserat tinggi yang mampu kau konsumsi. Yuk, cek daftarnya berikut ini:

  1. Brokoli yang juga kaya dengan antioksidan

Sayuran yang berbentuk menyerupai mirip bunga ini merupakan salah satu sayuran yang mempunyai serat tinggi. Kurang lebih dalam 50 gramnya terdapat 1,3 gram serat. Dengan mengkonsumsinya, sistem pencernaanmu pun akan lancar. Kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan antioksidan tinggi terdapat juga dalam sayuran hijau ini. Yakin mau melewatkan manfaatnya?

  1. Beras merah, mengenyangkan sekaligus menjaga kesehatanmu

Meski nasi putih lebih terkenal sebagai kuliner pokok sehari-hari, tapi dari segi serat dan vitaminnya, masih kalah dari beras merah. Selain serat, di dalam nasi merah juga terkandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin B6, niacin, thiamen, magnesium, dan fosfor. Dengan kalori yang sedikit, beras merah juga mampu menjadi hidangan efektif untuk kau yang sedang menjalankan acara diet.

  1. Ubi jalar yang juga memperlihatkan manfaat untuk kesehatan kulit

Makanan yang sering direbus atau dijadikan sebagai salah satu materi kolak ini, mempunyai rasa manis dan tekstur yang lembut. Ubi jalar kaya dengan serat, vitamin B6, mangan, kalium, beta karoten, dan antioksidan. Ada banyak sekali warna ubi jalar, dari mulai putih, orange, sampai ungu. Jika warnanya ini semakin pekat, maka kandungan zat antioksidan yang akan menjaga kekebalan tubuhmu pun akan semakin tinggi. Selain untuk pencernaan, mengkonsumsi ubi juga mampu memperlihatkan manfaat pada kecantikan kulitmu, lho.

  1. Buncis, sayuran renyah dengan serat tinggi
    Sayuran yang terasa renyah dan biasa dibentuk sebagai tumisan, gabungan sop, atau dijadikan lalap rebus ini mempunyai serat yang tinggi sekitar 2,7 gram. Selain itu, buncis juga mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga mampu membantu menjaga berat badanmu tetap stabil.
  2. Apel yang dikonsumsi bersama kulitnya
BACA JUGA:  5 trik mempertahankan berat tubuh buat wanita yang jarang olahraga

Apel merupakan salah satu jenis buah yang kaya dengan serat. Tapi, kalau kau ingin menerima manfaat maksimalnya, konsumsi apel bersama dengan kulitnya. Dalam satu buah apel, terdapat sekitar 4 gram serat. Selain serat, buah ini juga kaya dengan karoten yang bermanfaat baik untuk tubuhmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.