Hati-hati Keracunan Makanan, Ini 5 Tanda yang Harus Kamu Tahu dan Waspadai

0
60
Minum Gelas Duduk Terlalu Lama 900x600
Minum Gelas Duduk Terlalu Lama 900x600

Hati-hati Keracunan Makanan, Ini 5 Tanda yang Harus Kamu Tahu dan Waspadai

Keracunan kuliner merupakan problem kesehatan yang sebetulnya gak boleh dianggap sepele, girls. Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, 48 juta orang sakit dikarenakan keracunan makanan, lho. Ini tanda keracunan kuliner yang harus kau tahu dan waspadai!

  1. Berkeringat

Keracunan alasannya adalah kuliner gak selalu menciptakan perut kau eksklusif kesakitan dan ingin segera ke toilet, girls. Berkeringat juga mampu menjadi tanda awal dan peringatan, kalau kondisimu akan semakin buruk. Jangan anggap sepele ketika kau berkeringat mirip hendak demam, alasannya adalah siapa tahu itu tanda keracunan. Segera ingat dan perhatikan kuliner yang kau konsumsi sebelumnya. Setelah itu, kau juga mampu berkonsultasi dengan dokter.

  1. Perut Kembung dan Merasa Kram

Perut kembung dan merasa kram mampu juga menjadi tanda lain dari keracunan makanan, lho. Kalau kau merasa perut kau begitu kencang, nyeri dan segera ingin ke toilet, itu merupakan tanda bahwa kuman jahat dalam kuliner yang gres saja kau konsumsi lagi bekerja.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah memang merupakan salah satu tanda-tanda umum dari keracunan makanan. Seberapa cepat tanda-tanda ini muncul, sebetulnya tergantung pada kuman yang menjadi penyebab dari tanda-tanda tersebut. Listeria umumnya merupakan kuman yang ditemukan pada hummus, keju lunak ataupun susu mentah. Sedangkan, kuman Salmonella mampu ditemukan pada telur, daging (terutama unggas), buah-buahan yang mentah dan sayuran yang mampu menjadikan kau menjadi mual dan muntah dalam waktu setengah sampai 3 hari.

  1. Diare

Diare juga merupakan tanda lain dari keracunan atas makanan. Bakteri E. coli yang sering ditemukan pada daging sapi dan kuman Campylobacter yang mampu ditemukan di air mampu menjadikan diare berdarah, lho. Kalau sudah begini, kau harus segera mencari dukungan medis ya, girls semoga tanda-tanda gak bertambah parah!

  1. Dehidrasi
BACA JUGA:  Kalau Terbiasa Tidur Menyamping, Kamu Perlu Tahu 5 Tips Tidur Sehat Ini

Dehidrasi juga merupakan tanda dari keracunan, nih. Salah satu cara penanganan terhadap keracunan kuliner adalah selalu menghidrasi tubuh. “Minum banyak air atau larutan yang kaya akan elektrolit, mirip Pedialyte atau Gatorade,” ungkap dr. Rais Vohra mirip dikutip dalam Reader’s digest. Ia menambahkan, lebih baik menghindari minuman manis, berkafein, maupun beralkohol yang mampu menjadikan dehidrasi.

Penyebab paling umum dari keracunan kuliner adalah daging setengah mentah, buah atau daging mentah, sayuran yang belum dicuci ataupun kuliner lainnya yang gak terduga. Oleh alasannya adalah itu, selalu menjaga kebersihan dan konsumsi kuliner yang benar-benar matang mampu kau lakukan untuk mencegah keracunan terhadap makanan, girls. Selain itu, kalau timbul tanda-tanda di atas disertai tanda-tanda lainnya yang menciptakan kondisimu semakin parah, segeralah ke dokter untuk menerima penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.