Bukan Gangguan, Ini Penjelasan Ilmiah kenapa Seseorang Suka Begadang & Lebih Aktif di Malam Hari

0
16
Pexels Photo 935777 900x600
Pexels Photo 935777 900x600

Siklus tidur mampu dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu early bird dan night owl. Early bird ialah orang yang suka tidur sebelum larut malam dan berdiri di pagi hari. Sementara itu, night owl ialah orang yang suka tidur larut malam dan berdiri lebih siang. Kalau dirimu termasuk kategori yang mana, girls?

Perbedaan antara early bird dan night owl ini terletak pada jam biologis yang dipengaruhi oleh hipotalamus yang terdapat dalam otak. Jika ritme atau jam biologismu lebih panjang, kau termasuk dalam kategori night owl. Jika ritmenya lebih pendek, itu menunjukan kau ialah early bird.

Dari segi kesehatan, jam biologis night owl mampu menunjukkan dampak negatif untuk kesehatannya. Berdasarkan publikasi jurnal Chronobiology International, resiko kesehatan mirip diabetes, penyakit kardiovaskular, gangguan kejiwaan, dan tingkat obesitas yang tinggi mampu dialami oleh orang yang suka tidur larut malam ini.

Mungkin kau bertanya-tanya, alasan apa sih yang mengakibatkan night owl rentan terjangkit penyakit-penyakit itu. Para andal mengungkapkan bahwa salah satu alasan penyebab orang yang suka tidur larut malam lebih rentan mengalami kondisi kesehatan tersebut ialah dikarenakan jam biologisnya yang gak sesuai dengan kehidupan sosial yang kita jalani.

Seperti yang kita ketahui, dari mulai pendidikan di dingklik sekolah dan bekerja, semua rutinitas itu dilakukan di pagi hari. Memang ada pekerjaan yang mempunyai shift malam, tapi lebih banyak didominasi kehidupan sosial dimulai dari pagi hari. Begitu juga dengan waktu makan; sarapan, makan siang, dan makan malam. Semuanya sudah ada standarnya. Keadaan di sekeliling inilah yang menjadikan jetlag sosial untuk para night owl alasannya ialah mereka harus beradaptasi dengan jam biologis yang berbeda tersebut.

BACA JUGA:  Bahan Alami Pengganti Gula, Lebih Sehat Dan Tak Kalah Enak

Kabar baiknya, meski kecenderungan night owl terjaga di malam hari tetap mampu muncul, tapi kondisi ini mampu diubah dengan adanya adaptasi. Selain itu, konsumsi kuliner sehat dan juga olahraga akan sangat membantu. Dari segi pekerjaan, kalau memungkinkan pilihlah bidang pekerjaan yang waktu bekerjanya fleksibel sehingga jam biologismu tak terganggu.

Untuk kau para night owl, adakah tips lain yang menciptakan tubuhmu terasa tetap bugar di pagi hari? Bagikan pengalamanmu itu di kolom komentar ya, girls.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.