3 Dampak dari Percaya Diri Berlebihan yang Bisa Berpengaruh Buruk pada Otakmu

0
17
Pexels Photo 951230 900x666
Pexels Photo 951230 900x666

Kamu niscaya sering menemukan, atau bahkan membaca tips ide perihal bagaimana cara mengubah sifat minder. Tapi, jangan hingga salah kaprah, girls! Mengutip hasil studi yang dilakukan oleh para pakar psikologi, Carmen Sanchez dan David Dunning dalam hbr.org, mengungkapkan bahwa pemahaman yang keliru mampu menimbulkan munculnya rasa percaya diri berlebihan. Lho, bukankah kepercayaan diri memang seharusnya dimiliki setiap orang? Yup, girls. Tapi, bukan yang berlebihan atau terkesan arogan, sebab nantinya malah memperlihatkan akhir jelek untuk otakmu. Inilah 3 dampaknya:

  1. Kepercayaan diri berlebihan bikin kau tertutup dari masukan-masukan orang lain

Kepercayaan diri berlebih mampu membuatmu merasa sudah mengetahui banyak hal, meskipun pada kenyatannya masih banyak yang belum kau pahami. Keadaan ini membuatmu hirau dengan pendapat dan masukan-masukan orang lain yang sebetulnya mampu memperkaya pengetahuanmu.

  1. Percaya diri berlebihan membuatmu lebih rentan melaksanakan kesalahan

Merasa tahu lebih banyak dibanding orang lain menciptakan seseorang yang terlalu pede jadi gampang melaksanakan kesalahan, sebab mereka tidak mau berdiskusi dengan orang lain. Nantinya, bukannya hasil yang memuaskan yang didapat. Sikap berlebihan malah mampu membuatmu kecewa.

  1. Kaprikornus tidak menginstropeksi diri sendiri

Kita memang harus melihat ke depan untuk mewujudkan impian. Tapi, instropeksi pada tindakan dan keputusan yang diambil di waktu lampau, mampu kau jadikan pembelajaran untuk tak mengulangi hal yang sama. Hal inilah yang sering dilupakan oleh orang yang mempunyai kepercayaan diri berlebihan.

Itu beliau 3 alasan kenapa percaya diri berlebihan besar lengan berkuasa jelek pada otakmu. Percaya pada diri sendiri memang baik. Tapi, jangan hingga itu membuatmu jadi tertutup akan saran dan nasehat dari orang lain, ya!

BACA JUGA:  Coba Cara Ini untuk Jauhi Junk Food!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.