Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh

0
199
Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh 696x391
Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh 696x391

Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh – Labu siam merupakan satu dari sekian banyak kuliner yang biasanya ada pada hidangan sayuran. Semua orang mampu menerima manfaat labu siam ini lantaran banyaknya kandungan mineral dan vitamin di dalamnya.

Buah yang mempunyai nama latin Sechium edule ini mengandung air, serat, karbohidrat kompleks, folat, vitamin B, C, E, dan K. Selain itu, khasiat labu siam yang mempunyai kegunaan bagi badan berkat kandungan kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, dan zinc.

Melihat banyaknya kandungan labu siam, niscaya buah ini baik dikonsumsi oleh semua orang terutama bagi ibu hamil. Beberapa para jago kesehatan menyarankan supaya ibu hamil mengonsumsi buah-buahan semoga tumbuh kembang janin tetap terjaga dengan baik.

Labu siam sebetulnya termasuk dalam kategori sayuran yang mempunyai kadar serat yang tidak mengecewakan tinggi, yakni sekitar 1,7 gram dalam setiap 100 gram sayuran itu. Hal ini berarti, khasiat labu siam yang mampu diperoleh badan ialah menyehatkan akses pencernaan ibu hamil dan mencegah mereka sembelit.

Tak hanya itu saja, di dalam labu siam bahu-membahu ada asupan asam folat sebanyak 93 miligram untuk setiap 100 gram porsi sayuran ini. Kadar asupan asam folat ini telah memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan harian ibu hamil.

Dengan memenuhi asupan asam folat tersebut, maka ibu hamil juga akan menurunkan risiko bayi yang terlahir dengan keadaan cacat dengan signifikan. Selain itu, asam folat pun mendukung perkembangan otak anak supaya menjadi lebih cerdas sekaligus menurunkan risiko bayi terkena neural tube defects atau gangguan otak.

Manfaat labu siam lainnya yang mampu didapatkan ibu hamil ialah lantaran kandungan kaliumnya. Kandungan kalium mampu membantu badan menjaga tekanan darah tetap seimbang, mendukung kinerja otot dan juga simpul saraf yang normal. Kalium juga mampu menciptakan sirkulasi oksigen menuju otak dan jantung tetap lancar sehingga Anda mampu tetap bugar dan sehat.

BACA JUGA:  Hati-hati Keracunan Makanan, Ini 5 Tanda yang Harus Kamu Tahu dan Waspadai

Walau kandungan serat, dan protein, serta vitamin yang ada pada labu siam lebih rendah dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Tetapi, buah berwarna hijau yang satu ini mengandung beberapa asam amino esensial. Berikut ialah manfaat labu siam yang mampu didapatkan tubuh, di antaranya :

Membantu acara diet
Khasiat labu siam untuk yang sedang menjalankan diet ialah lantaran sayuran ini rendah kalori. Tidak cuma mengkonsumsi labu siam dan kuliner rendah kalori yang lain, usahakan untuk selalu melaksanakan acara olahraga secara rutin dan teratur, minimal 30 menit setiap hari.

Menjaga kadar kolesterol
Labu siam mengandung sedikit sekali kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, maka Anda mampu memanfaatkan labu siam sebagai salah satu kuliner yang manis untuk menjaga kadar kolesterol.

Menangkal radikal bebas
Labu siam merupakan buah yang bertindak sebagai antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan sendiri ialah sebuah zat yang mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang ada pada labu siam juga membantu mencegah kerusakan kulit akhir radikal bebas penyebab penuaan dini.

Mencegah pertumbuhan sel kanker
Sebuah penelitian menjelaskan bahwa zat yang terkandung dalam labu siam diduga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya pada kanker serviks dan leukimia. Walau begitu, khasiat labu siam sebagai pencegah kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Nah, itulah beberapa khasiat labu siam yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.