Jiwa Tenang, Pikiran Senang dengan Teknik Terapi Suara Ini. Dicoba, Yuk!

0
97
Pexels Photo 103567 900x506
Pexels Photo 103567 900x506

Menjaga kesehatan badan ternyata gak melulu soal fisik, kau juga perlu menjaga kesehatan psikologis yang tentunya sangat penting untuk menjaga supaya kau mampu selalu produktif. Salah satu bentuk acara yang mampu kau lakukan untuk menenangkan diri yakni dengan melaksanakan terapi bunyi atau sound therapy.

Terapi ini diyakini mampu menciptakan pikiran kau jadi lebih santai dan menunjukkan rasa nyaman. Itulah mengapa kau merasa tenang duduk di pinggir pantai mendengarkan bunyi deburan ombak. Nah, sebenernya ibarat apa sih terapi sauraini? Jenis bunyi ibarat apa yang kondusif buat dijadikan alat terapi? Buat kau yang ingin mencoba terapi suara, yuk baca panduannya berikut ini!

  1. Terapi suara, mencari kedamaian pikiran melalui bunyi-bunyian alami

Secara sederhana, terapi bunyi yakni sebuah acara yang memakai vibrasi sebagai alat terapi. Biasanya jenis bunyi yang dipakai yakni bebunyian alami, ibarat bunyi ombak, cuitan burung, atau bunyi air yang mengalir. Namun terapi bunyi juga mampu dilakukan dengan memakai bunyi buatan, ibarat bunyi gong yang lembut atau bunyi bernada halus.

Beberapa peneliti juga beropini jika terapi bunyi mampu membantu menyembuhkan sulit tidur dan rasa khawatir berlebihan. Para terapis bunyi yang juga sering disebut dengan sound healers menyampaikan bahwa terapi bunyi mampu menurunkan tekanan darah, memperlancar sirkulasinya, dan mengurangi sesak napas.

  1. Terapi suara, metode kesehatan yang dilakukan oleh suku Aborigin

Meskpin terapi bunyi lagi terkenal akhir-akhir ini, padahal ternyata metode ini udah dipakai semenjak dulu oleh suku Aborigin di Australia dan juga para biksu di Tibet. Selama berabad-abad, mereka mengandalkan terapi suara-suara alami untuk menerima ketenangan batin. Nah, ada juga loh artis-artis Hollywood yang mempraktikkan terapi bunyi secara rutin, ibarat Robert Downey Jr. dan Charlize Theron. Mereka beranggapan jika terapi bunyi mampu meningkatkan kesehatan mereka secara mental.

  1. Terapi suara, mampu dilakukan selama 15 menit hingga beberapa jam setiap sesi
BACA JUGA:  Jangan Asal Diet, 6 Makanan yang Dianggap Sehat Ini Ternyata Punya “Sisi Gelap” Buat Kesehatan

Banyak orang yang beropini jika terapi bunyi hampir ibarat dengan yoga. Meskipun punya konsep yang hampir sama, tapi kedua hal itu yakni dua kegiatan yang berbeda. Jangan khawatir jika kau belum pernah melaksanakan yoga. Kamu tetap mampu dengan gampang mengikuti sesi terapi suara.

Setiap sesi mampu berlangsung selama 15 menit atau bahkan berjam-jam, tergantung kebutuhan dan ketahanan tubuh. Kamu cukup duduk dengan posisi yang nyaman sambil memakai headphone, atau masuk ke dalam studio kedap bunyi bersama beberapa orang lainnya. Sebenarnya gak duduk perkara dimanapun dan berapa kau melaksanakan terapi suara, alasannya setiap sesi punya hasil yang sama yaitu menumbuhkan ketenangan dan perasaan bahagia.

Dalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Istilah itu ternyata bukan cuman ungkapan aja, lho girls! Sebagai orang yang aktif dan tinggal di era serba sibuk, ketenangan pikiran dan hati jadi salah satu faktor penting yang mampu menunjang keberhasilan kamu. So, mulai kini yuk kita coba buat terapi bunyi supaya kau mampu selalu tenang dan nyaman. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.