Sering Merasa Terganggu Sama Suara Orang Mengunyah? Bisa Makara Kamu Mengidap Gangguan Psikiatri Ini

0
16

“Kresss… kress… kress…”

Sekilas bunyi orang yang sedang mengunyah kuliner disampingmu, bergotong-royong biasa saja. Tapi bagi kamu, bunyi itu bagaikan bunyi mesin penggilingan padi yang super berisik. Duh, ganggu banget, deh! Apakah kau termasuk yang mengalami hal mirip ini?

Kalau iya, kau niscaya sering merasa serba salah menghadapi situasi mirip itu. Mau mendatangi dan meminta mereka untuk berhenti, gak enak, tapi lama-lama kau makin merasa kesal. Pernah cari tahu gak, apakah yang kau alami itu normal atau enggak? Soalnya nih, mampu jadi kau mengidap gangguan kesehatan yang satu ini, nih.

Ternyata, kesensitifanmu itu bergotong-royong merupakan tanda dari gangguan psikiatri yang berjulukan misophonia, girls. Misophonia merupakan bentuk gangguan dimana si penderitanya benci dengan suara-suara tertentu, mirip bunyi mengunyah, bunyi bersiul, dan bunyi plastik.

Berdasarkan data terakhir, penderita gangguan ini ada sekitar 20% dari populasi insan di dunia, lho. Meskipun, terbilang sangat jarang, kau gak perlu bersedih jikalau kau termasuk dalam angka 20% tersebut. Soalnya, menurut hasil studi dari universitas Northwestern, orang yang sangat sensitif dengan bunyi tertentu cenderung menerangkan jikalau orang tersebut lebih kreatif dan jenius daripada orang pada umumnya.

Hal ini terbukti dari beberapa fakta sejarah yang menunjukan, beberapa tokoh terkenal, mirip Charles Darwin dan penulis novel Rusia, Anton Chekhov, selalu memakai tutup indera pendengaran untuk meredam suara-suara yang gak diinginkan ketika mereka tengah bekerja. Pantas saja mereka mampu berkarya dengan baik, ya? Gak hanya modal bakat, tapi mereka juga gak terganggu suara-suara yang mengganggu ketika mengerjakan proyek mereka, sih.

Nah, bagi kau yang juga punya indera pendengaran supersensitif, biasanya apa yang kau lakukan untuk menghilangkan gangguan-gangguan berupa bunyi itu, girls? Tuliskan pengalamanmu menghadapi situasi tersebut di kolom komentar ya =)

BACA JUGA:  Atasi Stres Sekaligus Buat Moodmu Selalu Happy dengan 4 Aplikasi Gratis Ini, Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.