Tidak Bisa Hidup Tanpa Hp? Jangan-jangan Kamu Nomophobia?

0
70
Gedet3
Gedet3

Pernahkah kau merasa separuh jiwamu hilang ketika lupa membawa handphone? Memang sih, di masa yang serba serbi teknologi ini, handphone merupakan hal yang penting untuk berkomunikasi. Namun, benarkah sepenting itu?

Dewasa ini, banyak orang yang merasa gelisah ketika telpon genggamnya tak ada dalam jarak pandang. Tidak jarang mereka merasa panik dan khawatir ketika lupa membawa benda mungil tersebut. Ternyata jikalau hal tersebut terjadi, mungkin kau telah terserang nomophobia.

Dilansir dari The List, nomophobia sendiri berasal dari kalimat no-mobile-phone phobia, alias ketakutan ketika handphonemu tidak ada. Bukannya mengada-ada, ternyata ada phobia semacam itu, girls! Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang terkena nomophobia mengalami rasa takut yang tingkatnya sama mirip pergi ke dokter gigi atau stres di hari pernikahan.

Wah, nggak mampu dipungkiri bahwa handphone memang mampu bikin panik ketika kau lupa membawanya di hari penting. Namun nomophobia sendiri biasanya bikin seseorang merasa panik dan khawatir bahkan mampu mengalami delusional lho, girls!

Dalam beberapa kasus, orang yang terkena nomophobia miliki tanda-tanda mirip mencicipi getaran atau suara yang biasanya hadir dari notifikasi telpon genggam. Hal itu dinamakan ringxiety. Mereka yang terkena phobia itu bahkan selalu menghindari daerah yang tidak memungkinkan penggunaan ponsel.

Merujuk The List, di tahun 2014 para ilmuwan dari University of Genoa di Italia mengajukkan sebuah petisi untu memasukkan nomophobia ke dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disoder. Para peneliti tersebut menyampaikan bahwa nomophobia ialah tekanan mental yang sama dengan phobia lain.

Rasa panik yang ditimbulkan nomophobia miliki ciri-ciri sama dengan phobia ketika melihat ular dan laba-laba atau situasi mirip naik pesawat dan mengemudi di daerah gelap mirip terowongan. Lalu, apakah kau termasuk dalam salah satunya?

BACA JUGA:  Kenali Arti dari Warna Menstruasi Demi Menjaga Kesehatan Organ Reproduksimu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.