Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar Anak Tumbuh Cerdas

0
58
002435800 1544658243 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar Anak Tumbuh Cerdas
002435800 1544658243 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar Anak Tumbuh Cerdas

Selama masa menyusui, masakan yang dikonsumsi ibu sangat menghipnotis tumbuh kembang si kecil. Khususnya di ahad kedua dan ketiga pertama ketika badan mulai memproduksi ASI. Untuk mampu memproduksi ASI yang cukup, seorang ibu butuh banyak energi.

Dikutip dari hellodoktor.com, sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu menyusui membutuhkan energi harian sekitar 478 kalori lebih banyak banyak daripada perempuan yang sedang tidak menyusui. Kebutuhan ini perlu dicukupi khususnya di enam bulan pertama masa menyusui di mana anak butuh ASI eksklusif. Agar anak tumbuh cerdas, ibu yang menyusui perlu mengonsumsi masakan sehat.

Makanan yang Kaya Protein
Protein sangat penting untuk perkembangan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein yang diharapkan ibu menyusui per hari sekitar 54 gram. Sumber protein ada bermacam-macam, antara lain telur, kacang-kacangan, dan ikan.

Makanan yang Mengandung Folat
Folat sangat penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Rata-rata, ibu menyusui butuh 450 μg folat per hari. Sumber folat ini mampu didapat dari aneka sayuran hijau, gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah alpukat.

Makanan yang Mengandung Yodium
Yodium adan jenis mineral yang esensial untuk produksi hormon tiroid untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Ibu menyusui butuh 190 μg yodium per hari. Sumber yodium mampu didapat dari aneka produk laut, susu, dan sayuran.

Makanan yang Mengandung Zinc
Zinc ialah mineral yang penting untuk perkembangan sistem imun bayi. Ibu menyusui membutuhkan 10 mg zinc pe hari, dan mampu didapat dari sereal gandum utuh, susu, aneka produk laut, dan kacang-kacangan.

Makanan yang Mengandung Vitamin A dan Vitamin B6
Ibu menyusui butuh sekitar 800 μg vitamin A dan 2 mg vitamin B6 per hari. Vitamin A penting untuk perkembangan badan anak dan membantu melawan infeksi. Sumber vitamin A mampu didapat dari susu, keju, telur, ikan, sayuran warna kuning-jingga, dan buah-buahan mirip labu dan mangga. Sementara vitamin B6 penting untuk proses metabolisme dan pembentukan sel-sel darah merah. Sumber vitamin B6 ini mampu didapat dari aneka ikan, kacang polong, gandum utuh, dan daging.

BACA JUGA:  Waspada Tahi Lalat Pertanda Kanker Kulit! Cek Apakah Punyamu Termasuk yang Normal atau Berbahaya

Selain mencukupi kebutuhan masakan yang sehat, ibu menyusuri juga perlu mencukupi kebutuhan cairan badan setiap hari. Menjaga contoh makan sehat selama masa menyusui pada alhasil juga bakal menghipnotis tumbuh kembang anak ke depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.