Demam Saat Hamil dan Cara Mengatasinya Secara Alami

0
10
Demam Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya Secara Alami Alodokter
Demam Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya Secara Alami Alodokter

Demam dikala hamil mampu disebabkan oleh aneka macam hal. Kondisi ini mampu mereda sendiri atau diredakan dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Selain minum obat dari dokter, Anda juga mampu meredakan demam dikala hamil secara alami. Simak caranya di artikel berikut ini.

Demam dikala kehamilan merupakan tanda atau tanda-tanda adanya bisul dalam badan Anda. Jika demam dikala hamil terjadi pada trimester pertama dan suhunya hingga 38 derajat Celsius atau lebih, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter kandungan.

Bahaya Demam Saat Hamil
Demam dikala hamil dihentikan dibiarkan begitu saja. Ketika suhu badan Anda naik, maka suhu badan janin juga ikut naik. Hal ini mampu menjadikan detak jantung Si Kecil di dalam kandungan ikut meningkat.

Apabila tidak segera ditangani, demam dikala hamil mampu meningkatkan risiko janin mengalami keguguran dan cacat bawaan lahir, mirip kelainan tabung saraf, kelainan jantung, serta bibir dan verbal sumbing. Semakin tinggi suhu demam dan semakin usang demam berlangsung, maka semakin tinggi pula risiko terjadinya hal-hal tersebut.

Penyebab Demam Saat Hamil
Ada beberapa kondisi yang mampu menjadikan ibu hamil mengalami demam, di antaranya:

Infeksi, mirip bisul kanal kemih, toksoplasmosis, influenza, dan pneumonia.
Infeksi ketuban (korioamnionitis).
Gangguan pencernaan, mirip diare.
Keracunan makanan.
Radang amandel.
Radang otak.
Masing-masing penyebab demam ini mempunyai tanda-tanda khasnya masing-masing. Oleh lantaran itu, penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan tanda-tanda lain yang menyertai demam, mirip sesak napas, nyeri punggung, sakit perut, menggigil, lemas, hingga leher kaku. Pastikan Anda memberitahukan gejala-gejala tersebut kepada dokter.

Pengobatan Alami Demam Saat Hamil
Walaupun sebagian penyebab demam mampu sembuh dengan sendirinya, demam dikala hamil tetap perlu diperiksakan ke dokter. Demam yang disebabkan oleh virus cukup diobati dengan banyak minum air putih, beristirahat, atau minum obat dari dokter. Tetapi jikalau penyebabnya yakni bakteri, maka Anda membutuhkan antibiotik.

BACA JUGA:  Stroke Non Hemoragik: Jenis Stroke yang Paling Sering Terjadi

Saat hamil, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sembarang obat, termasuk obat untuk meredakan demam, mirip aspirin atau ibuprofen. Jadi, tanyakanlah kepada dokter obat demam apa yang kondusif untuk Anda.

Selain dengan pengobatan dari dokter, beberapa cara berikut ini mampu membantu meredakan demam pada ibu hamil:

Kompres dahi dan badan Anda dengan handuk atau lap yang sudah dibahasi dengan air biasa.
Mandi dengan air hangat. Hindari memakai air dingin, lantaran akan menciptakan Anda menggigil.
Usahakan untuk berada di dalam ruangan yang sejuk atau teduh.
Perbanyak minum air putih supaya Anda tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, banyak minum juga akan mendinginkan badan Anda dari dalam.

Kenakan pakaian dengan materi mampu menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Jika Anda merasa kedinginan, gunakanlah selimut tipis, dan lepaskan selimut ketika Anda merasa kepanasan.
Untuk menghindari demam dikala hamil, Anda disarankan untuk rajin mencuci tangan supaya terhindar dari bisul virus atau bakteri. Usahakan juga untuk tidak berada di akrab orang yang sedang sakit.

Karena demam dikala hamil mampu disebabkan oleh banyak hal dan mampu membahayakan janin, maka kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter. Jangan mengonsumsi sembarang obat tanpa proposal dokter, lantaran tidak semua obat kondusif untuk ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.