Fakta Mengenai Mata Minus Tidak Boleh Melahirkan Normal

0
11
Fakta Mengenai Mata Minus Tidak Boleh Melahirkan Normal Alodokter
Fakta Mengenai Mata Minus Tidak Boleh Melahirkan Normal Alodokter

Ibu hamil dengan mata minus sering kali takut untuk melahirkan secara normal. Hal tersebut dikarenakan ada anggapan bahwa orang dengan mata minus mampu mengalami kebutaan apabila melahirkan normal, sehingga lebih menentukan melahirkan dengan operasi caesar.

Mata minus atau miopi yakni gangguan penglihatan ketika penderitanya sulit untuk melihat benda yang jauh (rabun jauh). Penglihatan buram ketika melihat jauh ini terjadi balasan kelainan pada bola mata, sehingga cahaya dari luar jatuhnya tidak sempurna pada daerah yang seharusnya, yaitu di retina mata.

Seseorang dengan mata minus, terutama mata minus dengan kacamata minus 6 ke atas, berisiko mengalami komplikasi. Komplikasi mata minus yang tinggi yakni ablasi retina (robeknya retina), pecah pembuluh darah, katarak, dan glaukoma.

Lalu, bagaimana dengan penderita mata minus yang akan melahirkan secara normal?

Bahaya Melahirkan Normal dengan Mata Minus
Usaha mengejan ketika melahirkan normal mengakibatkan penderita mata minus dan dokter kandungan kerap menghindari pilihan melahirkan normal. Tindakan mengejan pada penderita mata minus ini mampu meningkatkan tekanan pada bola mata, yang berpotensi merusak struktur di dalam mata.

Pada mata minus atau miopi, terutama yang minusnya tinggi, mampu terjadi komplikasi berupa terbentuknya pembuluh darah gres di retina yang rentan mengalami perdarahan. Selain itu, penderita mata minus juga rentan mengalami kerusakan retina, yang dikhawatirkan akan memburuk ketika melahirkan secara normal.

Ketika melahirkan normal, pembuluh darah gres di retina tersebut mampu pecah sampai menjadikan perdarahan di retina. Kerusakan struktur retina yang telah terjadi sebelumnya juga dikhawatirkan mengakibatkan retina robek ketika melahirkan. Kedua hal tersebutlah yang menjadi pertimbangan dokter kandungan dan dokter mata untuk menyarankan ibu hamil melahirkan dengan operasi caesar.

BACA JUGA:  Inilah Makanan yang Perlu Dihindari Jika Kamu Menderita Ambeien

Bolehkah Penderita Mata Minus Melahirkan Normal?
Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa melahirkan normal pada penderita miopi atau mata minus tidak mengakibatkan kelainan pada retina mata. Hal ini juga berlaku pada penderita mata minus yang tinggi (sudah minus 6 ke atas).

Jika merujuk kepada penelitian tersebut, seseorang tetap mampu melahirkan secara normal meskipun menderita mata minus. Usaha mengejan ketika melahirkan normal dianggap masih kondusif bagi mata dan tidak memengaruhi kondisi mata minus.

Akan tetapi, ibu hamil dengan mata minus yang tinggi tetap dianjurkan untuk melaksanakan investigasi mata secara rutin. Pemeriksaan mata oleh dokter mata sebaiknya dilakukan minimal setiap 3 bulan selama kehamilan, untuk menilai dan memantau kondisi struktur bola mata.

Agar kondusif dan terhindar dari komplikasi, sebaiknya diskusikan dengan dokter mata dan dokter kandungan Anda mengenai manfaat dan risiko melahirkan normal, jikalau Anda menderita mata minus atau miopi ketika hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.