6 Cara Merawat Telinga dan Pendengaran Anda

0
88

Apakah Anda suka mendengarkan musik dengan volume tinggi? Aksi tersebut ternyata mampu membahayakan pendengaran Anda, lho. Ingat untuk merawat indera pendengaran Anda sebelum terlambat

Gunakan earplugs di lingkungan yang terlalu bising.

Club, konser, alat pemotong rumput, gergaji, dan suara-suara lainnya yang menciptakan Anda harus berteriak ketika berbicara tidak baik untuk indera pendengaran Anda. Gunakan earplugs atau penyumbat indera pendengaran untuk mengurangi bunyi bising – Anda mampu membeli satu pasang di audio store atau toko online.

Turunkan volume suara.

Menurut World Health Organization, 1.1 miliar cukup umur di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran akhir pemakaian perangkat audio yang tidak aman. Agar indera pendengaran Anda tetap sehat, ikuti hukum 60/60: gunakan headphones dengan volume sebesar 60% selama tidak lebih dari 60 menit setiap hari.

Pilih headphones ketimbang earbuds.

Earbuds lebih berbahaya dibanding headphones, alasannya peletakan earbuds lebih bersahabat dengan gendang telinga. Namun kalau Anda mendengarkan lagu dari headphones dengan sangat keras, agresi tersebut juga beresiko, lho!

Berikan indera pendengaran Anda waktu untuk beristirahat.

Apakah Anda sering terekspos dengan bunyi bising? Bila Anda sering ke konser atau club, indera pendengaran Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat. Riset telah menunjukan bahwa indera pendengaran Anda membutuhkan sekitar 16 jam untuk sembuh dari satu malam yang bising – so at least, beranjaklah keluar dari area tersebut setiap 10 menit.

Jaga indera pendengaran Anda biar tetap kering.

Kelembapan menciptakan basil masuk ke dalam kanal indera pendengaran dengan lebih mudah. Untuk menghindari infeksi, ingat untuk mengeringkan indera pendengaran dengan hati-hati memakai handuk kering sesudah mandi atau berenang.

Lakukan pengecekan rutin.

BACA JUGA:  Cara Menyembuhkan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Jangan lupa untuk melaksanakan pengecekan rutin dengan dokter Anda. Atau, Anda mampu juga mengunjungi dokter THT untuk membersihkan indera pendengaran Anda dengan tuntas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.