Ketahui 5 Cara Mencegah Serangan Jantung Yang Kini Banyak Terjadi Pada Usia Muda

0
182
00251482
00251482

Serangan jantung merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Penyakit ini merupakan kondisi medis yang darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol dan unsur lainnya.

Nah, serangan jantung biasanya dikaitkan dengan orang-orang yang sudah berumur alias tua. Namun, para milenial alias anak muda juga mampu terkena serangan jantung, lho.

Terdapat dua penyebab anak muda dikala ini rentan terdeteksi penyakit jantung. Penyebab pertama, berdasarkan seorang ahli jantung dan pembuluh darah, Kardiologi Intervensi dr. Vito A Damay mampu dibilang positif, yakni investigasi dini. “Sekarang orang makin aware lantaran ia periksa duluan, dulu orang pikir ah masuk angin kemudian meninggal. Sekarang ada tanda-tanda orang periksa walaupun masih ada yang enggak,” katanya.

Sementara penyebab kedua ialah kebiasaan jelek yang biasa dilakukan. Mulai dari gaya hidup sampai contoh makan. Apalagi, dikala ini masakan semakin beragam.

Kedua gak mampu dipungkiri lantaran gaya hidup yang makin berat,” lanjutnya. “Orang makin yummy masakan kini diolah macem-macem dulu cuma bakar sama panggang goreng dan minuman kadar gula tinggi.”

Mereka yang berusia muda yang kebanyakan terdeteksi penyakit jantung untuk perempuan dibawah 45 tahun sedangkan pria dibawah 30 tahun. “Dulu perempuan dibawah 65 tahun laki-lali dibawah 45 tahun. Sekarang sudah gak heran usia 30 tahun kena jantung atau stroke,” kata dr. Vito.

Nah, buat para anak muda, kalian enggak mau tiba-tiba terkena serangan jantung, kan? Untuk itu, ketahui cara mencegah penyakit jantung di sini.

Cokelat Hitam Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah penyakit jantung, mampu kalian lakukan dengan mengonsumsi cokelat hitam. Makanan yang digemari banyak orang ini mengandung flavonoid yang rupanya mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart, mengonsumsi dark chocolate mampu menurunkan resiko penyakit jantung sampai 11 % dan resiko stroke sebesar 23%.

Tak hanya itu, cokelat hitam mengandung antioksidan yang mampu membantu sel-sel tubuh melawan kerusakan balasan radikal bebas dari kontaminasi lingkungan, asap rokok serta paparan cahaya matahari berlebihan. Nah, kalian harus memastikan menentukan cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi. Simak manfaat cokelat hitam lainnya di sini.

BACA JUGA:  Durian Ternyata Tak Mengandung Kolesterol

Konsumsi Yogurt Dapat Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Selain cokelat, yogurt juga mempunyai manfaat yang sama. Sekitar 80% imunitas tubuh insan ada di pencernaannya. Jika pencernaan sehat, maka kalian juga tidak akan rentan terjangkit penyakit, termasuk jantung.

Menjaga kesehatahan pencernaan mampu dilakukan dengan mengonsumsi basil baik alias probiotik yang mampu kalian dapatkan melalui yogurt. Menurut sebuah studi dari Institut Kesehatan Griffith dan School of Medicine di Australia, takaran harian probiotik dari yogurt akan membantu menurunkan tekanan darah, terutama orang-orang yang terkena tekanan darah tinggi. Bakteri baik juga mampu melawan proses inflamasi terkait penyakit jantung.

Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Siapa yang doyan konsumsi masakan manis? Mungkin ini bakal jadi “bencana” untuk kalian. Gula menjadi salah satu materi masakan yang disinyalir berkonstribusi menimbulkan tekanan darah tinggi. Dr James DiNicolantonio, seorang ilmuwan penelitian kardiovaskular di St Luke Mid America Heart Institute, yang memimpin penelitian mengatakan, “Mendorong konsumen untuk menyampaikan tidak pada gula, bukan garam, mungkin seni manajemen diet yang lebih baik untuk mencapai kontrol tekanan darah.”Kurangi Asupan Kolesterol

Seperti diketahui, penyakit jantung bekerjasama bersahabat dengan tekanan darah. Nah, untuk menjaga tekanan darah, kendalikan asupan lemak jenuh dan kolesterol dalam batas wajar. Jika kadar kolesterol LDL kalian lebih dari 200mg/dl, sebaiknya berhati-hati.

Kadar kolesterol yang tinggi mampu menimbulkan duduk perkara jantung. Kurangi mengonsumsi masakan tidak sehat mirip junk food, mentega, santan, kuning telur, gorengan dan lainnya. Kalian juga wajib mengonsumsi buah dan sayuran yang sehat.

Pertahankan Berat Badan Ideal Yang Sehat

Kelebihan berat tubuh mampu menimbulkan kondisi yang meningkatkan peluang terkena penyakit jantung. Maka dari itu, kalian mampu menghitung indeks massa tubuh. Hal ini mempertimbangkan tinggi dan berat tubuh dalam menentukan apakah kalian mempunyai persentase lemak tubuh sehat atau tidak sehat.

Selain itu, lingkar pinggang mampu menjadi alat yang berkhasiat untuk mengukur sebesar banyak lemak perut yang kalian miliki. Pria umumnya dianggap kelebihan berat tubuh kalau ukuran pinggang mereka lebih besar dari 101, 6 centimeter. Wanita umumnya kelebihan berat tubuh kalau ukuran pinggang mereka lebih besar dari 88,9 centimeter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.