Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Berbagai Kanker

0
221

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak bisa lepas dari kuliner khas Indonesia. Bumbu ini mempunyai aroma yang berpengaruh dan melengkapi rasa suatu masakan. Namun, tak sedikit orang yang tidak menyukai bawang putih terlalu banyak.

Sama menyerupai bahan-bahan dapur lainnya, bawang putih juga mempunyai banyak manfaat. Bahkan, bawang putih sudah dipakai sebagai obat semenjak zaman sejarah kuno di Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi dan Cina.

Manfaat bawang putih tersebut didapat dari senyawa welirang yang muncul dikala bawang putih dicincang, dihancurkan atau dikunyah. Senyawa tersebut akan masuk ke dalam badan dari susukan pencernaan dan menawarkan imbas biologis yang kuat.

Nah, manfaat bawang putih tidak main-main, lho. Banyak penyakit berbahaya sanggup dicegah dengan mengonsumsi bawang putih. Mau tahu apa saja? Simak di sini yuk!

Bawang Putih Dapat Atasi Kolesterol Tinggi

Setiap insan mempunyai kolesterol, yang merupakan senyawa dengan sifat menyerupai lemak yang hidup secara alami dalam hampir setiap belahan tubuh, menyerupai otak, saraf, otot, usus, hati dan jantung. Kolesterol tiba dari dua sumber, yaitu diproduksi oleh hati atau lewat masakan yang kalian konsumsi.

Kolesterol yang tinggi di dalam badan bisa menjadi dilema yang menjadikan penyakit. Hal tersebut sanggup diatasi oleh bawang putih. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hati selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol . Bawang putih terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat sekitar 10-25%.

Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Berkaitan dengan menurunkan kolesterol tinggi, bawang putih juga sanggup mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan penyebab utama ajal bagi laki-laki dan wanita. Di Amerika Serikat, lebih dari 600 ribu orang setiap tahunnya meninggal sebab penyakit jantung, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Sebuah penelitian dalam The Journal of Nutrition, menemukan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Untuk menerima manfaat ini, kalian perlu mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin.

BACA JUGA:  Bunda, Ini Cara Mengatasi Tubuh Praktis Lelah Setelah Melahirkan

Bawang Putih Dapat Turunkan Resiko Kanker

Penyakit berbahaya lain yang kalian cegah dengan bawang putih ialah kanker. Perlu kalian tahu bahwa kandungan senyawa welirang bioaktif sanggup mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Hal ini karena welirang bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel badan yang rusak, melindungi badan dari zat karsinogen dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Banyak penelitian di seluruh dunia menerangkan khasiat makan bawang putih mentah sanggup membunuh atau mengurangi banyak sekali jenis sel kanker. Sebut saja kanker payudara, kanker pankreas dan kanker paru-paru. Selain bawang putih, bawang merah juga sanggup mengatasi banyak manfaat untuk banyak sekali jenis kanker, simak di sini.

Khasiat Bawang Putih Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Bawang putih mempunyai kandungan polisulfida yang terbukti bisa mengendalikan tekanan darah. Hal ini tentu baik bagi penderita hipertensi. Jurnal ilmiah Maturitas, polisufida membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah agar tidak menerima tekanan yang terlalu besar. Nah, dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari selama tiga bulan sanggup menurunkan tekanan darah sampai 10 mmHg.

Bawang Putih Untuk Kesehatan Otak Dan Mencegah Alzheimer

Dalam Journal of Neurochemistery menerangkan bahwa kandungan S-allyl L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat dalam bawang putih bisa menjaga otak dari banyak sekali kerusakan kognitif. Hal ini sanggup mencegah banyak sekali gangguan yang menyerang otak menyerupai penyakit Alzheimer dan demensia.

Senyawa kimia dalam bawang putih bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf. Cara mengonsumsinya dengan pribadi bawang putih setiap hari atau memasukkannya ke dalam makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.