5 Tumbuhan Ini Ampuh Usir Nyamuk Demam Berdarah Dan Gampang Banget Ditanam

0
90
3
3

Indonesia tengah dilanda demam isu hujan ketika ini. Mau tak mau, genangan air akan ada di mana-mana. Salah satu risikonya ialah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti yang mampu menjadikan demam berdarah.

Akhir-akhir ini, beberapa informasi juga menyebutkan banyaknya pasien di rumah sakit yang masuk karena terkena demam berdarah. Beberapa di antaranya bahkan hingga harus merenggang nyawa karena penyakit tersebut.

Penyakit demam berdarah mampu disebabkan oleh beberapa virus dengue. Virus-virus tersebut dibawa oleh dua jenis nyamuk, yakni nyamuk demam berdarah betina Aedes aegypti sebagai vektor utama. Sementara satu yang lain ialah nyamuk Aedes albopictus sebagai vektor sekunder.

Nyamuk-nyamuk demam berdarah ini bergotong-royong mampu dikenali lewat beberapa ciri-ciri. Salah satu caranya ialah dengan melihat warna dan juga bentuknya. Nyamuk pembawa penyakit demam berdarah ini mempunyai ukuran yang kecil, berwarna hitam dan mempunyai belang putih di seluruh tubuhnya.

Nyamuk demam berdarah ini disebut aktif menggigit pada pagi hingga sore hari. Mereka juga kerap menggigit tanpa sepengetahuan manusia. Hal itulah yang menjadikan nyamuk yang mampu menularkan penyakit demam berdarah ini sangat membahayakan.

Akan tetapi, jangan lantas khawatir terlebih dahulu. Selain dengan cara menutup tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk, kau juga mampu mengatasi penularannya dengan cara lain. Menanam beberapa tumbuhan ialah salah satu caranya.

Ya, beberapa tumbuhan ternyata ampuh mengusir eksistensi nyamuk di sekitar rumah kita. Keunggulan lainnya ialah tanaman-tanaman ini gampang ditemukan dan juga dirawat. Nah, apa saja sih tumbuhan yang mampu kau rawat untuk menghindari nyamuk semoga tak terserang demam berdarah? Ini beliau daftarnya.

Marigold

Sangat gampang tumbuh dan mampu ditemukan di mana-mana, kau mampu coba tumbuhan Marigold. Jenis tumbuhan kenikir-kenikiran ini biasanya sangat gampang kau temui di pinggiran sawah dan tanah lapang lainnya. Akan tetapi, jangan salah dulu karena khasiat bunga yang mayoritas berwarna jingga kuning ini sangat banyak.

Salah satu di antara manfaat bunga ini ialah mengusir nyamuk. Bau yang dimiliki bunga ini ialah salah satu alasan nyamuk menghindar. Kamu juga mampu dengan gampang menanamnya di halaman atau di tata rapi di dalam pot sebagai hiasan rumah.

Menariknya, Marigold tak hanya mengusir nyamuk saja. Tanaman dengan bunga yang anggun ini juga ampuh mengusir serangga lain menyerupai lalat dan kutu daun.

Lavender

Terkenal mempunyai busuk yang wangi dan menenangkan, tumbuhan lavender juga mampu menjadi salah satu pilihanmu untuk ditanam sebagai pengusir nyamuk. Benar saja, wangi lavender ini memang disukai manusia, namun tidak demikian dengan nyamuk.

BACA JUGA:  Menggigit Es Batu Hingga Mengonsumsi Soda, Ini 10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kesehatan Gigi

Mudah ditanam, lavender merupakan tumbuhan yang mampu bertahan dalam segala musim. Perawatannyapun gampang dengan memasok sinar matahari dan air yang cukup.

Lavender akan tumbuh subur di tanah yang kering, berpasir atau berkerikil, juga berdrainase baik. Selain menikmati baunya yang wangi, kau juga mampu menikmati indah bunganya yang berwarna keunguan.

Rosemary

Menjadi yang paling ampuh dalam mengusir nyamuk, menanam rosemary menjadi salah satu yang harus kau pertimbangkan. Rosemary merupakan tumbuhan aromatik yang ampuh mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya.

Penanaman rosemary sangatlah mudah. Kamu mampu membiarkannya tumbuh di halaman atau dengan menananmnya di dalam pot. Rosemary juga mampu dipakai sebagai hiasan di dapur untuk dipakai sebagai pemanis makanan.

Rosemary mempunyai aroma menyerupai dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Bau inilah yang menciptakan nyamuk-nyamuk menghindar. Jika ingin khasiatnya lebih ampuh lagi, kau mampu mengambil beberapa tangkai daun rosemary dan menggosokkannya ke seluruh badan untuk menghindari nyamuk.

Catnip

Memiliki nama ilmiah Nepeta Cataria, tumbuhan ini umumnya dikenal dengan Catnip. Tanaman ini berasal dari Eropa, Asia Tengah, Timur Tengah, dan juga beberapa potongan Tiongkok. Nama Catnip berasal dari reaksi kebanyakan kucing ketika berdekatan dengan tumbuhan ini.

Tanaman catnip ini menyerupai dengan tumbuhan mint. Selain itu, tumbuhan ini juga mempunyai aroma wangi. Inilah yang menciptakan catnip ampuh sebagai tumbuhan pengusir serangga, khususnya nyamuk demam berdarah.

Selain ditanam untuk mencegah nyamuk, catnip ini juga mampu dimanfaatkan sebagai minuman dan kuliner herbal, lho. Efeknya mampu menunjukkan relaksasi untuk tubuh. Sementara pada kucing, tumbuhan ini mampu menunjukkan kesenangan.

Basil

Daftar tumbuhan selanjutnya yang mampu kau pelihara untuk mengusir nyamuk ialah basil. Baunya yang besar lengan berkuasa mempunyai fungsi untuk mengusir kehadiran nyamuk demam berdarah.

Tanaman ini mungkin lebih bersahabat diketahui sebagai selasih atau kemangi. Penanamannya mampu dilakukan di halaman luas maupun di dalam pot. Tumbuhan yang satu ini memang mempunyai ciri khas busuk yang wangi dan segar.

Basil membutuhkan media tanam yang lembab. Untuk itu, drainase yang baik diperlukan untuk menanam tumbuhan ini. Namun, sinar matahari yang cukup juga tetap dibutuhkan.

Ampuh dipakai untuk mengusir nyamuk dan seraggga lain, kau juga mampu memanfaatkan kuman ini untuk banyak sekali masakan. Sangat bermanfaat, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.