Kerap Ganggu Penampilan, Ini 5 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Jerawat Punggung Secara Alami

0
22

Jerawat merupakan salah satu problem pada kulit yang mengganggu. Tidak hanya wajah, jerawat juga muncul pada kepingan punggung. Apa kalian salah satu yang mengalaminya?

Penyebab jerawat punggung sendiri sama dengan jerawat pada wajah, yakni kelenjar minyak yang terlalu aktif, kelebihan sel kulit mati dan menjamurnya bakteri. Perlu kalian ketahui bahwa kulit punggung dan dada lebih banyak mengandung sebum alias minyak kulit dan basil penyebab jerawat dibandingkan dengan kepingan tubuh lain.

Penyebab jerawat punggung dan wajah mungkin sama, namun cara mengatasinya tentu berbeda. Hal ini karena punggung mempunyai pori-pori lebih besar dibandingkan dengan wajah. Jadi, kulit punggung akan lebih simpel tersumbat.

Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat punggung? Simak di sini, yuk!

Penggunaan Teh Hijau Untuk Mengatasi Jerawat Punggung

Teh hijau merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya ialah untuk memperabukan lemak. Hal tersebut yang menimbulkan teh hijau banyak dipakai untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain memperabukan lemak, teh hijau rupanya juga mampu kalian gunakan untuk mengatasi jerawat, termasuk yang berada di punggung. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut catechin. Anti oksidan ini mempunyai sifat antibakteri yang mampu melawan basil penyebab jerawat. Tak hanya itu, kemerahan dan peradangan akhir jerawat juga mampu teratasi.

Untuk penggunaannya, kalian cukup menyeduh teh hijau pada air hangat. Kemudian aplikasikan ke punggung dengan cara menepuk-nepuk kapas yang telah dibasahi dengan air teh hijau. Lakukan perawatan ini dua kali sehari, ya.

Lemon Dapat Mengatasi Jerawat Punggung

Bahan alami selanjutnya ialah lemon. Buah satu ini mengandung vitamin C dan asam sitrat yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Lemon juga mempunyai kandungan antioksidan yang bauk untuk mengeluarkan racun alias detoksifikasi kulit, lho. Hal tersebut akan menciptakan jerawat tidak akan muncul kembali.

Cara memanfaatkan lemon sangat mudah. Gosokkan irisan lemon pada area kulit yang berjerawat dengan gerakan memutar. Kemudian tunggu sampai 10 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin sekitar satu sampai dua kali sehari, ya. Bagi yang mempunyai kulit sensitif, sebaiknya kalian mencampurkan lemon dengan air terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kulit supaya asamnya berkurang.

BACA JUGA:  Lelah di Kantor? Atasi dengan 5 Trik Ini

Manfaat Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tumbuhan yang eksistensinya di dunia kecantikan sangat tinggi. Mulai dari problem kulit sampai rambut mampu diatasi dengan pengecap buaya. Buat yang mempunyai jerawat punggung, pengecap buaya mampu jadi pilihan yang pas buat mengatasinya, lho.

Perlu kalian ketahui bahwa pengecap buaya mempunyai sifat antibakteri karena terdapat kandungan polyphenol di dalamnya. Gel pengecap buaya juga akan membantu kulit menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Menggunakan pengecap buaya untuk menghilangkan jerawat punggung sangat gampang. Ambil gel dari daun pengecap buaya, kemudian aplikasikan pribadi pada kepingan punggung yang terdapat jerawat dua kali sehari.

Atasi Jerawat Punggung Dengan Madu Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak perlu dilakukan lagi. Madu juga mempunyai sifat antibakteri yang mengurangi tanda-tanda jerawat dan mencegah jerawatan. Sebuah penelitian tahun 2011 yang dipublikasikan di Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine, madu telah lolos uji medis mempunyai potensial untuk dipakai sebagai pengobatan luar terhadap nanah yang kebal dengan antibiotik.

Penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu pribadi pada tubuh yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit sampai 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Kalian juga mampu menambahkan debu kayu manis sebelum dioleskan pada punggung.

Manfaatkan Kunyit Untuk Mengatasi Jerawat Punggung

Sifat antibakteri juga ditemukan pada kunyit. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Chemical and Pharmaceutical Bulletin tahun 2013, ditemukan zat curcumin pada kunyit mampu menghambat acara basil penyebab jerawat. Selain itu, kunyit juga akan menyeimbangkan pH kulit kalian.

Cara penggunaannya mudah. Campurkan kunyit dengan minyak wijen, kemudian oleskan pada area punggung yang berjerawat. Diamkan selama satu jam sebelum membilas bersih. Lakukan hal tersebut dua kali dalam sehari sampai jerawat punggung menghilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.