Jangan Mendongak! Ini Hal Yang Harus Kalian Lakukan Untuk Menghentikan Mimisan

0
89
Jangan Mendongak! Ini Hal Yang Harus Kalian Lakukan Untuk Menghentikan Mimisan
Jangan Mendongak! Ini Hal Yang Harus Kalian Lakukan Untuk Menghentikan Mimisan

Sebagian orang niscaya pernah mengalami mimisan, pendarahan dari hidung. Biasanya yang mengalami hal ini yaitu anak kecil. Namun, tidak berarti orang sampaumur terhindar dari mimisan, ya.

Penyebab mimisan sendiri yaitu udara yang kering. Hal ini terjadi ketika iklim dingin, ketika banyak nanah akses pernapasan atas dan suhu serta kelembapan turun secara drastis. Ketika iklim panas pun gangguan ini mampu terjadi karena lapisan hidung yang kering sampai retak dan berdarah. Selain itu, mimisan juga mampu disebabkan karena penderita mengalami cedera pada hidung.

Mimisan memang hanya gangguan kecil, namun penanganannya harus benar. Masih banyak orang yang salah melaksanakan bantuan pertama pada pasien mimisan. Nah, hal ini yang menjadikan mimisan menjadi berbahaya.

Maka dari itu, yuk ketahui apa saja yang harus kita lakukan ketika terjadi mimisan. Simak di bawah ini.

Atur Posisi Tubuh, Duduk Tegak Lalu Tekuk Kepala Ke Depan

Saat terjadi mimisan, biasanya orang-orang akan menyarankan kalian untuk mendongak. Padahal, hal tersebut tidak baik dilakukan. Untuk menghentikan mimisan kalian perlu menenangkan diri dan mengatur posisi tubuh. Duduk yang tegak kemudian arahkan badan sedikit ke depan atau menunduk.

Jangan lupa siapkan handuk atau wadah untuk menampung darah yang keluar. Dengan melaksanakan hal tersebut, darah yang keluar dari hidung tidak masuk ke akses pernapasan. Bayangkan kalau kalian melakukannya dengan berbaring. Entah apa yang akan terjadi selanjutnya.

Tekan Cuping Hidung

Langkah selanjutnya yaitu menekan cuping hidung dengan jari telunjuk dan ibu jari. Hal tersebut dilakukan sehingga lubang hidung seluruhnya tertutup. Menekan hidung pada cuping akan memperlihatkan tekanan pada pembuluh darah yang rusak secara eksklusif sehingga lebih efektif membantu menghentikan anutan darah.

BACA JUGA:  Sebabkan Diabetes Hingga Stroke, Ini 8 Bahaya Langsung Tidur Usai Makan Sahur

Lakukan hal ini selama sekitar 10 menit. Jika hidung masih mengeluarkan darah sehabis dilepas, tekan lagi cuping hidung selama 10 menit. Sementara kalian menekan hidung, bernapaslah melalui mulut.

Dinginkan Tubuh Dengan Mengonsumsi Es Batu Atau Kompres Hidung

Salah satu cara untuk segera menghentikan anutan darah dari hidung yaitu menurunkan suhu tubuh. Kalian mampu memasukkan es kerikil ke dalam mulut. Hal tersebut akan menciptakan suhu badan akan turun dibandingkan dengan mendinginkan cuilan luar hidung. Memakan es kerikil juga mampu mempertahankan suhu hambar lebih lama.

Selain itu, kalian mampu mengompres hidung dengan handuk hambar atau es batu. Cara ini memang tidak terlalu efektif, namun mampu dijadikan opsi bagi kalian yang mengalami dilema gigi mirip nyilu ketika mengonsumsi es.

Jangan Bersin Dan Mengorek Hidung

Nah, kalau darah masih mengalir, kalian dilarang sengaja higienis atau mengorek hidung untuk mengeluarkannya. Perlu kalian tahu bahwa hal tersebut malah akan menciptakan mimisan sulit berhenti dan merangsang darah yang mulai mengering untuk kembali mengalir. Jadi, sebaiknya bersabar dan tetap melaksanakan tips-tips sebelumnya.

Gunakan Cuka Untuk Menghentikan Darah Mimisan

Cara lainnya untuk menghentikan anutan darah yaitu dengan cuka. Ambil kapas atau biola kapas kemudian celupkan pada cuka. Letakkan pada hidung yang mengalami pendarahan. Diamkan selama beberapa menit sampai pendarahan berhenti.

Selain itu, kalian juga mampu memakai garam untuk menghilangkan iritasi yang menjadikan mimisan. Caranya mudah, campurkan satu sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat, kemudian basuhkan ke hidung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.