Bukan Penyakit Biasa, Kenali 5 Jenis Flu Yang Berbahaya Dan Mematikan

0
92

Cuaca yang tak menentu menciptakan banyak orang terjangkit risiko sakit. Salah satu yang paling besar menyerang insan di cuaca yang tak menentu ini biasanya yaitu flu. Penyakit yang satu ini cukup menyiksa meski kelihatannya saja sederhana.

Bagi kebanyakan orang, flu memang sangat menyiksa. Bagaimana tidak, penyakit yang satu ini biasanya juga membawa rasa sakit di pecahan tubuh yang lain. Misalnya, rasa nyeri di badan, pusing, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan mungkin saja hingga menggigil. Ada yang berhasil sembuh dalam beberapa hari, namun tak jarang ada yang berlanjut hingga beberapa ahad lamanya.

Meski banyak dikaitkan dengan penyakit yang sederhana, flu nyatanya mampu menjadi penyebab kematian. Pada beberapa kasus, flu yang menyerang insan mampu lebih berbahaya. Flu juga menjadi salah satu penyumbang kematian, meski bukan penyebab utama.

Flu sendiri terbagi menjadi beberapa tipe. Pembagian tersebut didasarkan atas virus yang mengakibatkan terjadinya flu. Tiga tipe flu yang mampu menyerang seseorang terbagi menjadi 3, yakni tipe A, tipe B, dan juga tipe C.

Virus flu tipe A ini mampu menyerang insan dan juga aneka macam hewan. Burung liar yaitu tempat hidup virus flu jenis ini. Lanjut pada virus flu tipe B yang hanya menginfeksi insan saja. Virus jenis ini tidak menjadikan tanda-tanda yang parah, namun tetap berpotensi menjadi berbahaya. Sementara untuk virus flu tipe C yaitu jenis flu yang paling ringan. Flu jenis ini biasanya akan sembuh dengan mengandalkan sistem imun tubuh. Kendati demikian, flu tipe C yang terus berlanjut mampu saja berujung pada pneumonia hingga bronkitis.

Kini, sesudah mengetahui beberapa tipe-tipe jenis flu saatnya kau mengetahui beberapa jenis flu yang mampu menyerang manusia. Dari sekian banyak jenis flu yang ada, beberapa di antaranya mampu sangat berbahaya hingga mematikan, lho. Bahkan, beberapa jenis flu hingga menjadikan wabah selesai hayat di suatu negara.

Apa saja jenis-jenis flu yang berisiko sangat mematikan ini? Yuk kenali beberapa jenisnya berikut ini.

  1. Flu Babi

Muncul di Amerika Utara pada April 2009, virus flu babi dengan cepat menyebar ke aneka macam negara lainnya, termasuk di Indonesia. Beruntung, pada tahun 2010, WHO telah mengumumkan berakhirnya pademik atau penyebaran penyakit ini. Virus flu babi sendiri merupakan salah satu jenis flu yang berbahaya dan mampu mematikan.

Flu babi merupakan influenza H1N1 tipe A. Virus ini menciptakan bisul kanal pernapasan insan yang menyerupai dengan virus yang menyerang babi. Virus flu babi ini kemudian mampu menular dari satu insan ke insan lain meski tak terdapat kontak apapun dengan babi.

Beberapa tanda terjangkit flu ini sangat menyerupai dengan flu biasa. Gangguan menyerupai demam, batuk kering, radang tenggorokan, hidung tersumbat, atau juga nyeri tubuh mampu menjadi gejalanya. Flu jenis ini juga mampu menjadikan tanda-tanda lanjut menyerupai penumonia, perubahan status mental, bahkan juga kematian.

Flu ini sangat cepat menular melalui batuk, bersin, atau berbicara dengan orang yang terjangkit penyakit ini. Seseorang juga mungkin tertular karena memegang benda yang terinfeksi virus dan kemudian menyentuh lisan atau hidung. Namun, virus ini tak menular lewat produk babi yang sudah dimasak.

  1. Flu Tulang

Jenis penyakit flu yang lain yaitu flu tulang. Jika menderita penyakit ini, kau akan menerima tanda-tanda menyerupai flu biasanya, namun rasa sakit akan lebih terasa di kawasan tulang tubuh. Penyakit flu jenis ini juga populer dengan sebutan Chikungunya. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi.

Virus flu tulang ini awalnya teridentifikasi di wilayah Tanzania pada tahun 1952 sebelum menyebar ke wilayah Afrika, Eropa, perairan India dan juga Pasifik. Sementara itu, di Indonesia, penyakit ini disebut pertama kali ditemukan di Samarinda pada tahun 1973.

BACA JUGA:  5 Benda Ini Bisa Makara Sarang Kuman Dan Sangat Bahaya Untuk Tubuh Jika Dipakai Lama

Beberapa tanda-tanda yang kerap dikaitkan dengan penyakit flu tulang ini menyerupai demam dan nyeri di persendian hingga pecahan tulang belakang. Selain itu, penderita penyakit ini biasanya terlihat kemerahan atau ruam selama demam, mata merah, dan beberapa tanda-tanda flu lain hingga diare.

Jika tak segera ditangani, penyakit ini mampu mengakibatkan kelumpuhan pada penderitanya. Mirip dengan penyakit demam berdarah alias DBD, hal yang paling membedakannya dengan flu tulang yaitu rasa nyeri di sendi yang dirasakan penderitanya.

  1. Flu Australia

Selain dua jenis flu yang sudah disebutkan, masih terdapat beberapa jenis flu lain yang membahayakan dan mampu berujung kematian. Ia yaitu Flu Australia. Penyakit ini disebabkan oleh persebaran virus influenza tipe A, yakni H3N2. Tak hanya di Australia, jenis virus flu ini juga sudah menyerang wilayah Inggris dan Amerika Serikat.

Virus flu Australia ini disebut menjadikan angka selesai hayat yang lebih tinggi daripada virus flu lainnya. Virus ini juga menjadi penyakit pandemi dengan angka selesai hayat sekitar 1 juta jiwa di seluruh dunia pada tahun 1968.

Dilansir dari CNN Indonesia, virus ini mengakibatkan penderitanya menderita sejumlah tanda-tanda yang menyerupai dengan flu biasa. Akan tetapi, mampu lebih parah dan penyebarannyapun lebih cepat. Pada anak-anak, tanda-tanda flu Australia ini juga mampu ditandai dengan rasa sakit di telinga. Bahkan, flu Australia juga mampu memunculkan tanda-tanda komplikasi menyerupai contohnya pneumonia.

  1. Flu Burung

Jenis flu lain yang mampu berbahaya dan mematikan yaitu jenis flu burung. Penyakit flu burung ini merupakan jenis flu yang menular dan biasanya menjangkit jenis unggas dan manusia. Virus penyebab penyakit ini yaitu H5N1. Penularannya berasal dari faktor udara maupun kontak melalui masakan minuman dan juga sentuhan.

Gejala yang umum timbul pada penderita penyakit ini yaitu demam tinggi, kanal pernapasan yang terganggu dan mungkin juga gangguan perut. Penderita mampu saja terkena penyakit ini meski tak bekerjasama dengan unggas sekalipun, menyerupai yang pernah terjadi di Tangerang pada tahun 2005 lalu.

Hingga Juni 2007 lalu, masalah flu burung menjadikan angka selesai hayat yang cukup besar. Dilihat dari Wikipedia, masalah flu burung di Indonesia sendiri mencapai angka selesai hayat 79 dari 99 kasus. Sementara itu, Vietnam juga mengalami 93 masalah flu burung degan 42 angka kematian.

Meski masih belum ada vaksin khusus untuk virus H5N1 ini, namun kau mampu melaksanakan vaksinasi flu setiap tahunnya untuk menghindari terjadinya mutasi virus. Selain itu, vaksinasi pneumonia sebagai penyakit yang mampu muncul karena komplikasi juga perlu kau lakukan.

  1. Flu Spanyol

Peristiwa Pandemi Flu 1981 atau biasa disebut sebagai Flu Spanyol juga merupakan jenis yang berbahaya. Penyakit ini muncul akhir virus Influenza tipe A dengan subtipe H5N1. Flu Spanyol ini terjadi pada Maret 1918 hingg Juni 1920. Ada 50 hingga 100 juta orang di seluruh dunia yang dikabarkan meninggal dunia akhir terjangkit virus ini.

Beberapa tanda-tanda yang terkait dengan virus flu ini menyerupai bibir membiru, kulit menghitam, keluarnya darah di pecahan hidung dan lisan juga batuk yang terus menerus terjadi. Selain itu, beberapa penderita juga mencicipi sakit kepala hebat.

Flu ini dinamakan Flu Spanyol karena menewaskan hampir 8 juta orang di Spanyol. Angka ini mnejadi angka selesai hayat tertinggi di seluruh negara selama tahun 1918. Beberapa orang memercayai bahwa awal mula munculnya virus ini berasal dari suatu tempat di Tiongkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.