Makanan Yang Buruk Dikonsumsi Saat Menstruasi, Bikin Nyeri Dan Kram Perut Makin Parah

0
15
Makanan Yang Buruk Dikonsumsi Saat Menstruasi, Bikin Nyeri Dan Kram Perut Makin Parah
Makanan Yang Buruk Dikonsumsi Saat Menstruasi, Bikin Nyeri Dan Kram Perut Makin Parah

Setiap bulan para perempuan niscaya akan mengalami yang namanya menstruasi, proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi sebab luruhnya lapisan dinding rahim cuilan dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Siklus ini umumnya terjadi sekitar empat minggu.

Saat menstruasi terjadi, biasanya disertai dengan nyeri di cuilan perut, pinggang hingga selangkangan. Rasa sakit tersebut juga beragam. Mulai dari kram, mual, muntah, sakit kepala dan diare.

Pengalaman tiap bulan tersebut tentu menciptakan perempuan tidak nyaman. Apalagi masih harus diwajibkan untuk melaksanakan aneka macam acara sehari-hari. Nah, untuk mengatasinya kalian mampu melaksanakan 7 cara ampuh tanpa konsumsi obat-obatan. Simak di sini untuk mengetahuinya.

Selain cara mengatasinya, kalian juga harus mengetahui 8 masakan yang jelek dikonsumsi ketika tengah menstruasi alias haid. Makanan tersebut malah bikin rasa nyeri dan kram makin parah, lho. Mau tahu? simak di bawah ini.

  1. Hindari Minuman Berkafein Seperti Kopi Saat Menstruasi

Menurut Elizabeth Bertone-Johnson, ScD, associate professor epidemiologi di University of Massachusetts di Armherst menyampaikan bahwa mengurangi kafein mampu membantu mengurangi nyeri pada payudara dan perut kembung. Selain itu, kandungan kafein dalam minuman atau pun masakan mampu mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang mana memicu dehidrasi. Padahal, ketika menstruasi, badan membutuhkan banyak cairan dikarenakan telah banyak mengeluarkan darah. Kekurangan cairan akan berdampak pada badan mirip pusing dan cepat lelah.

Kafein sendiri ialah stimulan yang terdapat di dalam flora mirip teh, kopi dan biji cokelat. Maka dari itu, sebaiknya kalian menghindari sementara minuman atau masakan yang mengandung kafein ketika haid. Jangan hingga kegiatan sehari-hari terganggu sebab hal ini, ya.

  1. Kurangin Konsumsi Produk Olahan Dari Susu Ketika Haid

Susu merupakan minuman yang mengandung banyak kalsium. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi kita. Namun, ketika menstruasi sebaiknya hindari konsumsi susu dan produk olahan dari materi tersebut mirip keju dan yogurt. Pasalnya, produk olahan susu mengandung asam arakidonat yang mampu memicu kram haid.

BACA JUGA:  Ini Caranya Meredakan Migrain Saat Menstruasi

Selain itu, produk olahan susu mampu mengakibatkan perut kembung dan diare, nih. Kalian enggak mau sudah kram perut kemudian mencicipi diare juga, kan? Hindari susu untuk sementara, ya.

  1. Konsumsi Soda Saat Menstruasi Bikin Tubuh Cepat Lemas

Selain produk yang mengandung susu, minuman bersoda pun wajib dihindari ketika haid. Minuman yang mengandung soda mempunyai kadar gula yang sangat tinggi. Kandungan gula yang cukup tinggi tersebut menciptakan badan menjadi cepat lemas.

Selain itu, kalori yang tinggi di dalam minuman bersoda akan memperburuk PMS yang dialami wanita. Biasanya, para perempuan akan lebih gampang murka dan tersinggung. Tak sedikit juga yang mengalami kesedihan tiba-tiba ketika menstruasi.

  1. Jauhi Alkohol Saat Mens

Alkohol merupakan minuman yang benar-benar harus kalian hindari ketika haid. Alkohol juga diklaim akan memperburuk PMS yang dirasakan wanita, lho. Alkohol mampu menurunkan kadar gula darah secara drastis sehingga perempuan jadi lebih sensitif, gampang marah, gelisah bahkan sakit kepala.

Gula darah berlebih dan turun drastis memang tidak baik bagi perempuan menstruasi. Jadi, sebaiknya kalian menjaga asupan masakan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. konsumsi masakan yang sehat dengan gizi seimbang.

  1. Hindari Makanan Yang Digoreng Dan Berlemak Tinggi

Makanan yang digoreng juga sebaiknya dihindari ketika menstruasi. Dengan menghindari masakan tersebut akan membantu kalian mengurangi nyeri perut ketika haid. Selain itu, konsumsi daging merah atau masakan yang berlemak tinggi juga enggan baik, nih. Kandungan lemak yang terlalu tinggi mampu mengakibatkan perut kembung dan meningkatkan produksi hormon estrogen. Hormon tersebut ialah yang mengakibatkan kram perut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.