Ini 5 Gejala Awal Kanker Paru-Paru Yang Harus Diwaspadai, Non Perokok Juga Beresiko

0
15
Ini 8 Gejala Awal Kanker Paru Paru Yang Harus Diwaspadai, Non Perokok Juga Beresiko
Ini 8 Gejala Awal Kanker Paru Paru Yang Harus Diwaspadai, Non Perokok Juga Beresiko

Kanker paru-paru merupakan penyakit ganas yang menjadikan kematian. Penyakit ini merupakan penyebab maut tertinggi di dunia sekitar 1.560.000 orang di seluruh dunia meninggal lantaran kanker paru-paru setiap tahunnya. Mengerikan, bukan?

Menurut data dari Globocan atau International Agency for Research on Cancer (IARC) pada 2012, di Indonesia terdapat 25.322 perkara kanker paru-paru yang menimpa laki-laki dan 9.374 perkara yang menimpa wanita. Angka terjadinya kanker paru-paru cukup rendah pada usia di bawah 40 tahun dan semakin meningkat sampai usia 70 tahun.

Mungkin kalian sudah mengetahui bahwa merokok mampu menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru-paru. Sekitar 85 persen kanker paru-paru dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Meski begitu, orang yang tidak merokok juga beresiko terkena kanker paru-paru.

Agar lebih waspada, yuk kenali apa aja tanda-tanda awal kanker paru-paru. Simak di sini, ya.

  1. Batuk Terus Menerus Yang Sulit Sembuh

Batuk mungkin yaitu hal wajar. Biasanya hal ini terjadi balasan flu atau iritasi pernapasan. Namun, bagaimana kalau kerikil menjadi tanda adanya kanker paru-paru? Jika batuk tidak mampu berhenti dalam waktu lebih dari dua ahad lah yang perlu kalian khawatirkan. Apalagi kalau demam sudah hilang, namun batuk tidak membaik, kalian wajib memeriksakannya ke dokter.

Minta dokter untuk melaksanakan investigasi fisik dan penunjang mirip rontgen dada. Batuk merupakan tanda-tanda yang sering disepelekan. Makara kalian harus tetap waspada, ya. Lebih baik mengetahui penyakit tersebut ketika masih tahap awal, kan?

  1. Sesak Napas Meski Beraktivitas Ringan

Gejala adanya kanker paru-paru yang kedua yaitu sesak napas. Mungkin terdengar normal, namun sesak napas terjadi ketika kalian sedang melaksanakan kegiatan biasa atau ringan. Kesulitan bernapas ini terjadi lantaran tumor yang menghalangi jalan masuk pernapasan atau cairan yang meningkat, sehingga menekan paru-paru.

BACA JUGA:  Ketahui 5 Penyakit Yang Rentan Menyerang Saat Musim Pancaroba Dan Pencegahannya

Namun, perlu kalian ketahui bahwa sesak napas ketika beraktivitas normal tidak hanya merupakan tanda kanker paru-paru, namun juga penyakit gagal jantung. Maka, berhati-hatilah terhadap hal tersebut, ya. Segera periksakan ke dokter kalau sesak napas terjadi berulang kali.

  1. Nyeri Pada Dada Menjadi Tanda Kanker Paru-Paru

Tumor yang tumbuh di tengah paru memang tidak menjadikan sakit. Berbeda dengan jenis kanker paru-paru tertentu yang terjadi di pecahan luar dan dinding dada. Kanker tersebut akan menjadikan rasa sakit pada dada, pundak dan punggung.

Rasa sakit tersebut disebabkan oleh kelenjar getah bening atau metastasis pada dinding dada, pleura atau rusuk membengkak. Nyeri dada juga akan semakin terasa ketika penderita menarik napas dalam, batuk atau tertawa. Apa kalian mencicipi hal serupa? Segera periksakan diri secepatnya, ya.

  1. Napas Bersuara Alias Bengek

Bengek atau yang dikenal juga sebagai mengi merupakan tanda adanya penyakit mirip asma dan alergi. Namun, jangan pernah menyepelekan problem tersebut lantaran mampu jadi tanda awal kanker paru-paru. Hal ini terjadi lantaran sel kanker menyumbat jalan masuk pernapasan sehingga paru-paru mampu mengeluarkan bunyi ketika bernapas.

  1. Waspada Tanda Kanker Paru-Paru, Suara Berubah Mejadi Serak

Suara kalian tiba-tiba bermetamorfosis serak atau lebih berat? Hati-hati, mampu saja hal itu menjadi tanda-tanda kanker paru-paru. Kondisi tersebut terjadi ketika sel kanker memengaruhi saraf yang mengatur pita bunyi sehingga menjadikan perubahan pada bunyi kalian.

Serak umumnya terjadi ketika seseorang mengalami radang di jalan masuk pernapasan. Namun, ketika serak terkait dengan kanker paru-paru, hal tersebut terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung lebih dari dua minggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.