Murah Dan Ampuh, Ini 5 Tips Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

0
88

Pernah mengalami sakit tenggorokan, kan? Penyakit tersebut mampu disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun luka. Kasus radang tenggorokan juga sering dikaitkan dengan masuk angin dan mampu sembuh dengan sendirinya dengan istirahat. Namun, beberapa masalah sakit tenggorokan juga sulit disembuhkan.

Adanya sakit tenggorokan juga sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Pasalnya, dikala mengalami sakit tenggorokan, akan terasa sulit menelan. Selain itu, kalian mencicipi sakit dan gatal di tenggorokan. Suara juga akan serak, biasanya juga disertai demam, bersin dan hidung meler.

Nah, untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, kalian mampu memakai 5 cara alami ini. Apa saja, ya? Simak di sini, ya.

  1. Mandi Air Hangat Agar Sakit Tenggorokan Sembuh

Mandi merupakan salah satu cara untuk mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya, dikala mandi dengan air hangat, udara menjadi lembab yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cobalah untuk menghirup uap melalui hidung dan verbal sehingga masuk ke tenggorokan serta susukan hidung. Pembengkakan dan hidung mampet yang biasanya terjadi dikala sakit tenggorokan juga mampu diatasi, lho.

Saat berendam air hangat, kalian mampu menambahkan beberapa materi herbal dan minyak esensial ke dalam kolam mandi. Minyak esensial yang paling baik untuk hal ini ialah minyak pepermin atau eukaliptus yang bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan mirip fungsinya pada obat gosok.

  1. Gunakan Kompres Hangat Pada Tenggorokan

Tips selanjutnya adalah, mengompres leher dengan kompres hangat. Cara ini mampu menciptakan sakit di pecahan luar mereda. Kalian hanya perlu meletakkan kompres hangat di leher. Kalian juga mampu memakai bantal penghangat, botol berisi air panas atau juga handuk direndam dalam air hangat.

  1. Minum Air Mineral Yang Banyak Saat Sakit Tenggorokan
BACA JUGA:  Kenapa Orang Suka Makan Pedas? Ketahui Juga 5 Akibat Buruknya Berikut

Ketika kalian sakit tenggorokan, minum lebih banyak cairan untuk mengurangi rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan badan merupakan pecahan penting dari mengobati sakit tenggorokan. Jika kalian kekurangan cairan, badan tidak mampu menghasilkan cukup air liut dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal tersebut malah akan menciptakan pembengkakan dan peradangan semakin memburuk.

Minuman yang paling sempurna ialah air mineral. Kalian harus memperbanyak mengonsumsinya sampai urine yang berwarna kuning menjadi jernih. Hal ini akan menciptakan selaput lendir kalian tetap basah dan bekerja lebih baik melawan basil dan penyebab iritasi.

  1. Kumur Dengan Air Garam Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Obat tradisional yang dipercaya ampuh sembuhkan sakit tenggorokan ialah air garam. Hal ini bekerja dengan baik lantaran garam akan menarik air dari dalam sel membran mukus sehingga mengurangi pembengkakan dan membantu menenangkan tenggorokan.

Selain itu, air garam mempunyai sifat antiseptik yang akan membersihkan lendir pada tenggorokan daerah bersarangnya basil dan kuman yang menjadikan sakit. Untuk membuatnya, kalian hanya perlu melarutkan garam dalam air hangat. Kemudian kumur selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi beberapa kali sampai larutan habis.

  1. Buat Teh Bawang Putih Untuk Mengobati Sakit Tenggorokan

Bawang putih diketahui mempunyai sifat antiseptik dan antimikrobial yang mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh basil penyebab sakit tenggorokan. Tak hanya itu, bawang putih juga akan melepas allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi untuk melawan penyakit.

Cara membuatnya ialah dengan merebus potongan bawang putih dalam segelas air. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyeduh teh. Nah, tambahkan madu alami untuk memperkaya rasa, ya. Minum teh bawang putih ini setiap hari sampai sakit tenggorokan sembuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.