Tinggalkan Pola Makan Berbahaya, Ini 5 Jenis Diet Sehat Yang Ampuh Turunkan Bobot Tubuh

0
223
Tinggalkan Pola Makan Berbahaya, Ini 7 Jenis Diet Sehat Yang Ampuh Turunkan Bobot Tubuh
Tinggalkan Pola Makan Berbahaya, Ini 7 Jenis Diet Sehat Yang Ampuh Turunkan Bobot Tubuh

Diet ialah metode untuk mengatur asupan makan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai atau menjaga berat tubuh yang terkontrol. Sebenarnya, tujuan seseorang diet berbeda-beda.

Sebagian orang menjalani diet untuk kesehatan. Ada yang ingin menurunkan bobot tubuh. Ada pula yang ingin menambah berat badannya. Satu hal yang pasti, diet yang dilakukan harus baik dan tidak menyebabkan problem kesehatan.

Untuk menurunkan bobot tubuh, terdapat satu diet yang belakangan ini terkenal, yaitu diet ketogenik. Diet satu ini dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan sebaliknya memperbanyak protein dan lemak.

Namun, diet ketogenik dinilai tidak sehat lantaran karbohidrat merupakan salah satu asupan yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu, mengurangi jumlah karbohidrat dalam tubuh bisa menyebabkan balasan buruk. Sebut saja meningkatnya kolesterol, kekurangan gula sampai kehilangan cairan tubuh parah. Untuk ancaman diet keto selengkapnya di sini.

Nah, masih ada pilihan jenis diet yang lebih sehat dibandingkan dengan diet ketogenik. Mau tahu apa saja? Simak di sini.

Diet Clean Eating Dengan Mengonsumsi Makan Segar

Pernah mendengar diet clean eating? Pasa dasarnya, clean eating merupakan cara hidup sehat dengan menentukan masakan yang akan dikonsumsi. Diet satu ini bisa menurunkan berat badan, meningkatkan penggunaan dan metabolisme energi, meningkatkan kualitas tidur, menciptakan kulit dan rambut lebih sehat serta meningkatkan kesehatan mental. Manfaat yang cukup banyak tersebut disebabkan lantaran contoh makan yang sehat.

Lalu, bagaimana cara melaksanakan clean eating? Dengan diet ini, kalian harus mengonsumsi masakan yang segar san melalui proses masak yang baik.Kalian juga harus memikirkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya, jadi enggak asal makan saja, ya. Penerapan clean eating juga wajib mengonsumsi karbohidrat kompleks.

Nah, yang paling penting ialah untuk tidak mengonsumsi masakan kemasan, menyerupai masakan kalengan, sosis, nuget dan masih banyak lagi. Bahkan, kalian dihentikan menggunakan bumbu kemasan menyerupai kecap dan saus. Perlu kalian ketahui bahwa masakan kemasan tersebut mempunyai materi pengawet dan zat aditif yang harus dihindari.

Diet Food Combining, Mengombinasikan Beberapa Makanan Dengan Aturan Tertentu

Selanjutnya ialah diet food combining. Konsep diet satu ini menyatakan, setiap masakan mempunyai waktu cerna dan serap yang berbeda-beda. Mereka juga memerlukan enzim berbeda ketika dicerna, ada yang alkali dan lainnya asam. Nah, ketika satu kelompok masakan dikonsumsi bersamaan, kedua enzim tersebut akan bertemu sehingga menetralisir satu sama lain dan kesannya menghambat pencernaan.

Hal tersebut menciptakan diet food combining melarang mengombinasikan orang-orang untuk menyantap nasi, lauk pauk, sayuran dan buah sekaligus dalam 1 jam makan. Pola makan diet satu ini tidak mencampurkan konsumsi karbohidrat dan protein hewani lantaran akan menciptakan kerja sistem pencernaan menjadi berat. Sayuran dan buah segar menjadi pecahan utama dalam sajian makan food combining. Namun, kalian tentu harus mencukupi asupan lainnya menyerupai karbohidrat, protein, lemak dan lainnya.

BACA JUGA:  Orang Pendek Rentan Diabetes

Diet Intermittent Fasting, Mengatur Pola Makan Dengan Puasa

Jika food combining mengatur masakan yang kalian konsumsi, diet intermittent fasting lebih ke mengatur kebiasaan makan kalian. Metode ini menganjurkan untuk puasa makan selama 16 jam, namun waktunya sanggup kalian tentukan sendiri.

Diet intermittent fasting ialah menciptakan kita memperbaiki sikap makan yang lebih sehat, melatih ketahanan tubuh semoga tetap menjalankan fungsinya walau sedang tidak mengonsumsi masakan dalam periode tertentu. Selain itu, diet ini membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolesterol lantaran tubuh melaksanakan pembakaran lemak efektif ketika puasa.

Nah, untuk melakukannya terdapat metode 16/8. Metode ini mengharuskan kalian membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengonsumsi makanan. Contohnya, kalian diperbolehkan makan dari jam 1 siang sampai 9 malam, kemudian berpuasa sampai 16 jam ke depan. Untuk problem pengaturan waktunya bisa diubahsuaikan dengan acara kalian.

Diet Atkin Dengan Mengurangi Karbohidrat

Diet atkin mungkin terlihat menyerupai diet keto. Namun, diet ini hanya “mengurangi” karbohidrat bukan “menghilangkannya” dalam asupan sehari-hari. Diet atkin pertama diluncurkan oleh Dr. Robert C. Atkins yang juga seorang kardiolog di awal tahun 70-an.

Untuk melaksanakan diet atkin, kalian perlu mengonsumsi protein dalam jumlah yang banyak dan tidak mengonsumsi karbohidrat hanya dalam 2 minggu. Saat hal tersebut berlangsung, tubuh akan membangun ketosis, keadaan di mana tubuh menggunakan lemak sebagai materi bakar sehingga berat tubuh menurun.

Menghilangkan karbohidrat tentu tidak selamanya, pada ahad selanjutnya kalian sudah boleh mengonsumsi asupan tersebut dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kalian juga harus mengonsumsi masakan yang sehat dan penuh gizi, ya.

Diet Mayo, Mengurangi Asupan Garam Dalam Makanan

Salah satu jenis diet yang sehat dan populer ialah diet mayo. Diet stu ini dilakukan dengan puasa garam alias tidak mengonsumsi masakan yang mengandung garam dalam waktu 13 hari. Kalian juga harus memperhatikan asupan kalori setiap hari, dihentikan kurang dari 1200-1800.

Saat melaksanakan diet mayo, asupan garam yang sedikit akan meningkatkan keluarnya air dalam tubuh sehingga berat tubuh berkurang. Garam rupanya sanggup mengikat air dalam tubuh sehingga tidak sanggup keluar. Jadi, siap-siap mengonsumsi masakan tawar untuk 13 hari, ya. Tenang saja, dijamin kalau dilakukan dengan baik, bobot tubuh kalian akan turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.