Sederet Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebab Kulit Kering Bersisik, Bukan Cuma Soal Cuaca

0
143
Sederet Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebab Kulit Kering Bersisik, Bukan Cuma Soal Cuaca
Sederet Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebab Kulit Kering Bersisik, Bukan Cuma Soal Cuaca

Kulit Kering Bersisik Yang Menggangu Ternyata Tak Cuma Disebabkan Karena Cuaca Musim Dingin, Simak Juga Tips Cara Mengatasinya.

Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh manusia. Kulit menjadi serpihan dari tubuh yang pertama kali menerima reaksi atas suatu perubahan, contohnya cuaca. Diketahui, ketika cuaca sedang dingin, kulit biasanya cenderung kering. Sementara itu, ketika kulit berminyak, jerawatpun bisa timbul.

Kulit diketahui mempunyai sel mesodermal, pigmentasi, atau melanin yang sanggup menyerap sebagian radiasi ultraviolet berbahaya mirip UV yang ada pada sinar matahari. Oleh karena itu, proteksi kulit sangat diharapkan ketika kita berkontak pribadi dengan matahari.

Tidak hanya itu, ketika cuaca dinginpun kita juga perlu berhati-hati. Pasalnya, cuaca yang masbodoh bisa menyerap kelembapan dan menciptakan kulit kering dan kasar.

Masalah kulit kering ini biasanya memang banyak dialami ketika cuaca sedang dingin. Kendati demikian, ternyata ada beberapa penyakit yang bisa menciptakan kulit kering, lho. Bahkan, kulit kering yang semakin parah dan dibiarkan ini bisa membuatnya tampil bersisik. Selain merusak penampilan, kulit kering bersisik ini juga bisa berbahaya untuk kesehatan.

Lantas, apa sajakah penyakit-penyakit yang bisa menjadi penyebab kulit kering bersisik ini? Simak artikelnya sebagai berikut dan mulai waspada serta menjaga kesehatan, ya.

  1. Kulit Kering Bersisik Karena Penyakit Dermatitis

Kulit kering bersisik ternyata juga bisa disebabkan karena penyakit Dermatitis. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama eskim. Gangguan kulit jenis ini diketahui mempunyai ragam yang banyak. Di antaranya mirip Dermatitis Atopik, Dermatitis Kontak, dan juga Dermatitis Seboroik.

Di antara sekian banyak jenis Dermatitis, Dermatitis Seboroik mungkin menjadi yang paling umum terjadi pada kulit. Dermatitis Seboroik merupakan salah satu gangguan pada kulit kepala. Akibat penyakit ini, kulit menjadi bersisik, kulit merah, dan juga timbulnya ketombe.

Selain itu, ada juga Dermatitis Kontak yang sama halnya menimbulkan akhir berupa kulit bersisik. Jenis Dermatitis ini biasa terjadi karena iritasi akhir pemakaian sabutn yang tidak cocok. Namun, kulit bersisik karena Dermatitis Kontak ini bisa disembuhkan dengan mengoleskan salep atau pelembap kulit.

  1. Kulit Kering Bersisik Karena Ada Jamur Yang Sebabkan Kutu Air

Kulit kering dan bersisik juga bisa disebabkan karena bersarangnya jamur pada serpihan kulit. Jamur ini biasanya muncul di antara jari kaki. Akibat adanya jamur kutu air ini kulit menjadi gatal, merah-merah, kering, sampai bersisik.

Adanya jamur yang menimbulkan kulit kering ini memanglah bukan duduk perkara yang serius. Namun, untuk menghindari penyebarannya ke serpihan kulit yang lain, alangkah baiknya untuk segera diobati memakai obat kartikosteroid salep maupun yang diminum. Jika masih belum reda, lebih baik segera dibawa ke dokter untuk mencegah penyebaran ke seluruh tubuh dan penularan ke orang lain.

  1. Iritasi Karena Sabun Atau Perawatan Kulit Lainnya
BACA JUGA:  Kiat Berpuasa bagi Ibu Hamil

Kulit kering bersisik yang disebabkan karena adanya iritasi mungkin jadi salah satu penyebab yang umum. Iritasi yang mengakibatkan kulit kering bersisik ini diketahui berasal dari banyak sebab. Sebelumnya, iritasi disebutkan bisa berasal dari adanya kutu air. Selain itu, iritasi yang mengakibatkan kulit kering bersisik juga bisa disebabkan karena duduk perkara sabun perawatan kulit yang tidak cocok.

Penggunaan sabun yang tak sesuai dengan fungsinya juga bisa menciptakan kulit kering bersisik. Misalnya, memakai sabun yang tak dikhususkan untuk tubuh bisa mengikis pelembap alami dalam tubuh. Akibatnya, apalagi jikalau bukan kulit kering dan bersisik? Selain itu, kau juga harus cukup waspada dengan kandungan sabun antiseptik yang berpengaruh karena bisa meningkatkan risiko kulit kering.

  1. Kulit Kering Bersisik Bisa Disebabkan Karena Penyakit Diabetes

Tak disangka, kulit kering bersisik ternyata juga bisa disebabkan karena penyakit diabetes yang diderita seseorang. Hal itu disebabkan karena kandungan gula darah di tubuh yang tidak normal juga bisa mengakibatkan kulit menjadi kering.

Kandungan gula darah yang tinggi dalam tubuh misalnya. Hal itu bisa mengakibatkan serangkaian duduk perkara pada kulit mirip warna yang bermetamorfosis lebih gelap dan juga bersisik di serpihan lipatan.

Kondisi ini disebabkan karena kadar insulin yang tinggi bisa mendorong pertumbuhan sel-sel kulit dan juga melanin. Akibatnya akan tumbuh bercak-bercak hitam dan juga kulit yang bersisik.

  1. Hipoparatiroid Bisa Sebabkan Kulit Kering Dan Juga Bersisik

Hipoparatiroid merupakan kondisi langka yang juga bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan juga bersisik. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar paratiroid di leher tidak menghasilkan hormon paratiroid (PTH) yang cukup. Sedikitnya jumlah PTH bisa menciptakan kadar kalsium menjadi rendah dan kadar fosfor menjadi tinggi.

Beberapa tanda-tanda hipoparatiroid lain selain kulit kering dan bersisik ialah adanya nyeri otot yang menyerang wajah, perut, dan juga tungkai. Selain itu, hipoparatiroid juga bisa ditandai dengan tubuh yang lemas dan juga duduk perkara dengan ingatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.