Kenapa Orang Suka Makan Pedas? Ketahui Juga 5 Akibat Buruknya Berikut

0
192
00235492
00235492

Makan Pedas Berlebihan Bisa Mengakibatkan Sederet Akibat Buruk Berikut Ini, Apa Saja?

Sebagian besar orang Indonesia niscaya sudah bersahabat dengan makanan-makanan pedas. Ya, masakan mirip sambal yang pedas tentu sudah menjadi kepingan yang tak boleh dilewatkan dalam acara makan. Namun, sudah tahukah kau kenapa banyak orang suka mengonsumsi masakan pedas ini?

Dilansir dari eatthis.com, ada banyak sekali hal yang memengaruhi preferensi jenis masakan seseorang. Termasuk juga kesukaannya dalam mengonsumsi masakan pedas.

Tubuh seseorang mempunyai persepsi indera yang berbeda-beda. Tingkat kepedasan dari banyak sekali masakan didasarkan pada indeks panas masakan tiap individu. Sama halnya dengan reseptor rasa seseorang. Faktor inilah yang mengakibatkan masakan yang sangat pedas bagi seseorang belum tentu pedas bagi seseorang yang lain.

Selain faktor fisik, budaya juga berperan penting dalam memengaruhi preferensi seseorang pada masakan pedas. Seseorang yang tumbuh dalam rumah yang kerap memasak dengan bahan-bahan yang mengakibatkan kepedasan, akan lebih mentoleransi masakan pedas ketika dewasa.

Bahkan, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa preferensi masakan insan sudah ditentukan jauh sebelum ia lahir. Hal ini berkaitan dengan masakan apa yang dikonsumsi sang ibu ketika mengandung dan ketika menyusui bayinya.

Kendati demikian, tak peduli seberapa tinggi toleransimu pada masakan pedas, persoalan kesehatan badan harus tetap dipertimbangkan. Terlalu sering mengonsumsi masakan pedas juga bisa mengakibatkan sederet akhir buruk. Sudah tahu apa saja? Simak artikelnya sebagai berikut.

  1. Minum Air Setelah Mengonsumsi Makanan Pedas Justru Memperburuk Keadaan

Apa yang kau pikirkan ketika tengah merasa kepedasan? Banyak orang mungkin akan segera mencari air putih untuk diminum. Namun, tahukah kau bahwa minum air putih ketika merasa kepedasan justru tak menuntaskan masalah? Justru, minum air putih ketika kepedasan akan membuatmu semakin merasa tersiksa.

Minum air putih ketika merasa kepedasan hanya akan menyebar molekul rasa pedas dalam mulut. Oleh alasannya yaitu itu, kau harusnya mengatasi rasa pedas dengan sesuatu yang bisa mengikat molekul-molekul tersebut. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi susu, roti, ataupun nasi kalau merasa kepedasan. Hal itu alasannya yaitu molekul dalam masakan dan minuman itu bisa mengikat molekul capsaicin yang mengakibatkan rasa pedas.

  1. Dapat Menyebabkan Iritasi Usus Dan Lambung
BACA JUGA:  Calon Pengantin, Yuk, Ketahui Vaksin yang Disarankan Sebelum Menikah

Salah satu imbas jelek dari terlalu banyak mengonsumsi masakan pedas yaitu mengakibatkan iritasi usus. Apalagi bagi orang-orang yang sudah mempunyai usus yang sensitif.

Selain itu, ancaman terlalu banyak mengonsumsi masakan pedas juga bisa membahayakan organ lambung. Makanan yang terlalu pedas bisa memicu naiknya asam lambung. Jika lambung terlalu banyak diisi dengan zat asam, maka dinding lambung bisa iritasi dan kemudian rusak.

  1. Makan Pedas Berlebih Bisa Membuatmu Kehilangan Nafsu Makan

Bertentangan dengan rasa lezat yang diberikan, terlalu banyak mengonsumsi masakan pedas ternyata juga bisa membuatmu kehilangan nafsu makan. Beberapa masalah mirip ini dialami oleh beberapa orang pecinta pedas.

Terlalu sering mengonsumsi masakan pedas sampi 2 sampai 3 kali seminggu bisa membuatmu kehilangan nafsu makan yang mengkhawatirkan. Kamu bisa jadi tak ingin banyak makan sampai menentukan untuk hanya mengonsumsi air putih saja.

  1. Makanan Pedas Bisa Membuat Iritasi Kulit

Memegang cabe pedas sebelum memakannya bisa membuatmu menerima iritasi kulit. Salah satunya berupa Hunan Hand Syndrome. Hal itu merupakan reaksi dermatitis kontak yang ditandai dengan rasa sakit, bengkak, dan juga kemerahan.

Semakin besar tingkat pedas suatu cabe mentah atau masakan pedas lainnya, semakin besar kau mengalami iritasi kulit sampai perasaan terbakar. Oleh alasannya yaitu itu, penting untuk mencuci tangan atau memakai sarung tangan ketika hendak kontak pribadi dengan cabai.

  1. Mengurangi Sensitivitas Indera Perasa

Bertentangan dengan rasa nikmat yang diberikan, masakan pedas yang terlalu banyak dikonsumsi justru bisa mengurangi sensitivitas indera perasamu. Bahkan, terlalu banyak mengonsumsi masakan pedas bisa menciptakan pengecap berangsur-angsur kehilangan kemampuan untuk mencicipi makanan.

Jadi, berhati-hatilah kalau kau merupakan penggemar pedas. Usahakan untuk mengontrol keinginanmu mengonsumsi masakan pedas biar tak berimbas kehilangan indera perasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.