Sebelum Terlambat Kenali 5 Tanda Kanker Payudara Yang Wajib Kalian Ketahui

0
55
00230684
00230684

Kanker Payudara Merupakan Penyakit Yang Mengintai Perempuan Juga Pria.

Wanita sangat khawatir dengan adanya kanker serviks. Berbagai pencegahan dilakukan, salah satunya dengan vaksin HPV. Tapi, tak hanya kanker serviks yang mengintai para wanita, terdapat kanker payudara yang sama berbahayanya.

Kanker payudara telah menjadi salah satu penyebab utama dari tingginya angka akhir hayat pada kaum wanita. Data dari World Healt Organization (WHO) pada 2015 memberikan bahwa telah ada 507 ribu perempuan yang meninggal dunia akhir kanker payudara Meskipun banyak menyerang wanita, kanker payudara juga mampu dialami pria, lho.

Nah, untuk mencegah kanker tersebut kalian harus melaksanakan beberapa kebiasaan baik. Seperti tidur dalam ruangan gelap, hindari kuliner daging olahan, jangan terlalu banyak duduk dan masih banyak lagi.

Sebelum terlambat, mari kenali 8 tanda kanker payudara. Simak lengkapnya di sini.

  1. Payudara Terasa Gatal, Sakit Dan Memerah

Gejala kanker payudara yang gampang diketahui yaitu payudara terasa panas dan meradang. Gejala ini memberikan sebuah peradangan yang disebabkan oleh kanker. Payudara membengkak, sakit, kulitnya kemerahan dan bersisik.

Ketika kanker menuju tahap selanjutnya, payudara akan berlesung pipit. Payudara juga akan mengalami rasa sakit mirip sedang PMS, namun rasa gatalnya akan memberikan reaksi alergi dan tidak hilang hanya dalam beberapa hari. Hal ini disebabkan lantaran sel kanker memblokir pembuluh darah yang memberi kuliner pada kulit.

  1. Waspadai Muncul Benjolan Di Payudara

Kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan payudara. Maka dari itu, para jago sering menyarankan untuk mendeteksi adanya benjolan dengan rutin meraba payudara.

Kalian harus berhati-hati lantaran tidak semua benjolan terasa sakit. Segera periksakan kalau terdapat benjolan pada payudara meskipun tidak semua bersifat kanker.

  1. Selain Payudara, Benjolan Juga Muncul Di Ketiak
BACA JUGA:  Sering Dilupakan, Ketahui 5 Manfaat Besar Sarapan untuk Tubuh

Meski berjulukan kanker payudara, benjolan tidak selalu muncul pada cuilan tersebut. Benjolan mampu saja muncul di bawah ketiak. Hal ini disebabkan jaringan payudara meluas sampai bawah ketiak. Jika dirasakan dengan jemari, mirip ada benjolan yang keras dan melekat.

  1. Kanker Payudara Menyebabkan Puting Akan Terasa Sakit

Kanker payudara stadium satu memberikan gejala mirip puting yang terasa sakit dan nyeri. Selain itu, puting juga mampu mengeluarkan cairan yang tidak normal dan melesak ke dalam.

Jika kalian mengalami gejala mirip itu, segera periksakan ke dokter ahli. Diagnosa lebih awal lebih baik untuk mencegah kanker ke stadium lebih lanjut.

  1. Warna Kulit Payudara Yang Berubah

Bukan hanya benjolan, perubahan kulit payudara sudah cukup menciptakan kalian lebih waspada. Pada tahap ini kulit payudara akan menjadi kemerahan bahkan keunguan mirip terkena iritasi. Permukaan kulit payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk serta terjadi penebalan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.