Menurunkan Berat Badan Hingga Anti Kanker, Ketahui 5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

0
49
00227459
00227459

Jambu biji merupakan buah yang cukup digemari di Indonesia. Biasanya buah berwarna merah muda ini akan diolah menjadi jus yang menyegarkan dahaga.

Buah jambu biji juga diketahui mempunyai banyak manfaat mirip untuk menurunkan darah tinggi, kesehatan kulit dan masih banyak lagi. Tak hanya buahnya, daun jambu biji pun mempunyai se-gudang manfaat kesehatan, lho untuk tubuh kita. Pasalnya, daun satu ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat, fotal, natrium, riboflavin dan masih banyak lagi.

  1. Daun Jambu Biji Dapat Mencegah Diabetes

Manfaat satu ini mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Daun jambu biji mampu membantu mencegah dan mengobati diabetes, lho. Pakar kesehatan menyebutkan hal tersebut karena daun jambu biji mengandung serat tinggi sehingga absorpsi gula dalam darah pun akan cenderung mampu menjadi lebih lambat dan tidak akan menjadikan diabetes. Selain itu, ada senyawa flavonoid yang mampu membantu menjaga gula darah tetap rendah. Senyawa tersebut akan menghambat produksi glukosa berlebihan di tubuh akhir konsumsi masakan yang kaya akan gula.

Untuk cara pembuatannya, kalian mampu mengolah daun jambu biji dengan cara merebusnya. Konsumsi air rebusan tersebut sekitar satu gelas setiap hari. Jangan lupa lakukan secara rutin dan konsisten semoga menerima hasil yang maksimal.

  1. Manfaat Daun Jambu Biji Sebagai Zat Anti Kanker

Daun jambu biji mempunyai manfaat yang tidak disangka-sangka yakni sebagai zat anti kanker dan anti tumor. Daun ini mengandung zat anti kanker dan anti tumor layaknya likopen atau quercetin yang melengkapi vitamin C untuk melawan aneka macam radikal bebas.

Beberapa penyakit kanker yang mampu dicegah dengan memakai daun jambu biji yaitu kanker lambung, kanker prostat, kanker payudara dan kanker mulut. Kalian mampu mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun jambu biji yang sekarang banyak dijual di pasaran.

  1. Mengobati Diare Dengan Daun Jambu Biji
BACA JUGA:  Pro Kontra Tidur di Lantai, Kenali Bahaya dan Manfaatnya

Manfaat daun jambu biji selanjutnya yaitu untuk mengobati diare. Daun satu ini telah dikenal usang sebagai obat tradisional duduk perkara pencernaan tersebut. Bahkan banyak produk obat-obatan yang memanfaatkan daun jambu biji sebagai materi utama mengatasi diare.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Revista do Intituto de Medicana Tropical de Sao Paul pada 2008 silam mengemukan bahwa ekstrak jambu biji berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan kuman Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab umum diare. Jadi, jangan ragukan obat tradisional ini, ya.

  1. Daun Biji Untuk Mengobati Demam Berdarah

Selain diare, daun jambu biji juga dikenal ampuh untuk mengobati demam berdarah. Penelitian menandakan bahwa memperlihatkan air rebusan jambu biji mampu menaikkan trombosit sampai 100.000/mm3 dalam batas waktu tenggang sekitar 16 jam. Selain itu, kandungan enzim quercetin di dalamnya berfungsi menghambat terbentuknya enzim mRNA yang ada di dalam virus. Jika terhambat, virus pun akan mati.

Penggunaannya juga sangat mudah. Kalian mampu memanfaatkan daun jambu biji dengan cara merebusnya. Rebus sekitar 5 lembar daun jambu biji dan minumkan pada penderita demam berdarah sekitar 2 sampai 3 jam sekali.

  1. Gunakan Daun Jambu Biji Untuk Menurunkan Berat Badan

Buat kalian yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mungkin daun jambu biji mampu jadi pilihan yang tepat, nih. Daun jambu biji mampu mencegah pati kompleks diubah menjadi gula. Selain itu, kandungan serat dan protein di dalamnya mampu menciptakan kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan pun berkurang.

Kalian mampu menciptakan teh dari daun jambu biji. Caranya yakni dengan menjemur daun jambu biji sampai kering, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, kalian mampu menyeduh ekstrak tersebut dengan air panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.