Waspadai 5 Tanda Awal Kanker Paru-Paru, Penyakit Yang Diderita Istri Indro Warkop

0
107
00227411
00227411

Beberapa Tanda Awal Kanker Bisa Menyerupai Penyakit Lain, Namun Beberapa Gejala Ini Bisa Makara Pertanda Penyakit Kanker Paru-Paru. Segera Kenali.

Kabar sedih kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Setelah beberapa waktu lalu, pemain film kawakan Rudy Wowor dikabarkan meninggal dunia karena kanker prostat, kali ini kabar sedih tiba dari Indro Warkop. Istrinya, Nita Octobinjanthy, meningal dunia karena mengidap kanker paru-paru.

Nita menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (9/10) pukul 20.30 WIB di Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan. Nita sendiri sudah menderita kanker paru-paru ini semenjak tahun 2017 yang lalu.

Kanker memang masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Keberadaannya juga seringkali sulit dideteksi sampai sudah memasuki stadium akhir. Sama halnya dengan penyakit kanker yang lain, kanker paru-paru menyerupai yang diderita oleh Nita juga tergolong berbahaya. Kebanyakan dari tanda-tanda penyakit ini tidak khas dan menyerupai dengan tanda-tanda dari penyakit lain.

Kendati demikian, kita mampu coba meragukan gejala-gejala awal yang muncul ketika terkena kanker paru-paru. Dengan begitu, kita mampu mendeteksi lebih awal untuk menerima kesempatan sembuh yang lebih besar.

Lantas menyerupai apakah tanda-tanda awal dari kanker paru-paru yang patut diwaspadai? Berikut ulasannya untuk segera kau kenali.

  1. Tanda Awal Kanker Paru-Paru Bisa Berupa Suara Yang Menjadi Serak

Suara serak biasanya dialami oleh beberapa orang ketika mengalami batuk-batuk. Namun, bunyi yang menjadi serak secara tiba-tiba dan berlangsung lebih dari dua ahad harus diwaspadai menjadi tanda-tanda awal dari kanker paru-paru.

Suara serak mampu muncul sebagai balasan dari adanya radang di akses pernapasan. Kondisi ini juga terjadi ketika sel kanker memengaruhi saraf yang mengatur pita suara. Oleh karena itu, suaramu menjadi serak dan tidak sehat.

  1. Napas Pendek Dan Rasa Nyeri Di Dada

Tanda awal dari kanker paru-paru selanjutnya yang harus kau waspadai yakni ketika mengalami napas pendek dan rasa nyeri di dada. Dua tanda-tanda ini biasanya muncul pada kanker paru-paru stadium awal yang masih sering diabaikan.

Sesak napas mampu terjadi balasan sel kanker yang menghalangi akses pernapasan. Bisa juga terjadi karena adanya penumpukan cairan di sekitar paru-paru sehingga menekan organ pernapasan tersebut. Mengerikannya lagi, jikalau kau merasa sesak napas ketika melaksanakan acara biasa, kau juga mampu jadi terjangkit penyakit gagal jantung.

BACA JUGA:  Tekanan Darah Tetap Tinggi Meski Sudah Diet Sehat? Coba Perhatikan Asupan Garam Anda

Sementara itu, kanker paru-paru stadium awal juga mampu ditandai dengan adanya rasa nyeri di pecahan dada, bahu, atau punggung. Rasa nyeri yang terus-menerus dan timbul hilang mampu terjadi balasan kanker paru-paru. Jika rasa nyeri di dada tersebut juga terasa semakin berat ketika menarik napas dalam, batuk, atau tertawa, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

  1. Penurunan Berat Badan Yang Terjadi Terus Menerus Tanpa Diet

Tanda awal dari kanker paru-paru stadium awal yang lain yakni adanya penurunan berat tubuh sampai drastis. Hal ini tidak hanya dialami penderita kanker paru-paru saja, melainkan juga kanker-kanker yang lain.

Penurunan berat tubuh yang terus menerus tanpa perjuangan apapun mampu terjadi karena sel kanker sudah mendominasi tubuh. Akibatnya, seluruh energi dan nutrisi yang harusnya diserap oleh tubuh malah dipakai oleh sel kanker. Lebih baik kau segera meragukan adanya penurunan berat tubuh yang drastis dan terus menerus meski kau sedang tidak diet atau mengubah gaya hidup.

  1. Rasa Sakit Pada Tulang Akibat Sel Kanker Yang Sudah Menyebar

Satu lagi tanda sederhana dari adanya kanker paru-paru yang harus kau waspadai. Hal itu berupa rasa sakit atau nyeri pada tulang-tulang.

Rasa nyeri atau sakit pada tulang mampu saja disebabkan karena sel kanker yang sudah menyebar dan mencapai tulang. Pada malam hari, rasa sakit pada tulang akan semakin menjadi-jadi ketika membaringkan badan. Untuk itu, segera konsultasikan ke dokter jikalau kau mengalami tanda-tanda ini.

  1. Pusing Atau Sakit Kepala Bisa Menjadi Tanda-Tanda Kanker Paru-Paru

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh orang-orang. Bukan hanya kanker paru-paru, sakit kepala biasanya juga menjadi tanda dari beberapa penyakit lain. Akan tetapi, sakit kepala juga mampu terjadi balasan sel kanker paru-paru yang sudah memasuki pecahan kepala.

Rasa sakit pada kepala yang terjadi terus menerus memang sangat berbahaya. Hal ini juga mengindikasikan bahwa tumor yang tumbuh sudah menekan saraf-saraf yang melalui pecahan dada. Tekanan inilah yang mampu menimbulkan sakit kepala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.