Konsumsi Nanas Dan Durian Sebabkan Keguguran Pada Ibu Hamil, Apa Benar?

0
239
Konsumsi Nanas Dan Durian Sebabkan Keguguran
Konsumsi Nanas Dan Durian Sebabkan Keguguran

Apa Kalian Masih Percaya Mitos Soal Buah Nanas Dan Durian Yang Dapat Menyebabkan Keguguran? Cari Tahu Kebenarannya Di Sini, Yuk.

Kalian niscaya pernah mendengar mitos yang menyebutkan bahwa nanas dan durian dilarang dikonsumi oleh ibu hamil karena sanggup menimbulkan keguguran, kan? Pada zaman yang sudah serba modern ini, rupanya mitos tersebut masih dipegang teguh oleh masyarakat.

Sebenarnya, percaya akan mitos tersebut tidak ada salahnya. Hal tersebut masuk akal mengingat keselamatan sang calon buah hati. Apalagi kalau kalian sedang mengandung anak pertama, wah niscaya lebih ekstra hati-hati lagi, nih.

Padahal nanas dan durian mempunyai banyak manfaat, lho untuk ibu dan janinnya. Lantas mengapa harus dihindari? Berikut terdapat klarifikasi mengenai benar atau tidaknya mitos tersebut. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

  1. Nanas Dan Durian Dapat Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Terkait nanas yang menimbulkan keguguran, bergotong-royong belum ada bukti ilmiah untuk mendukung hal tersebut. Mitos tersebut mulanya berasal dari kandungan yang terdapat di dalam buah nanas.

Nanas mengandung enzim bromelain yang berkhasiat untuk memecah protein dalam tubuh. Sedangkan janin yang gres terbentuk terdiri dari sel protein sederhana. Asupan bromelain diduga sanggup menimbulkan pendarahan dan keduduhan. Bromelain juga sanggup merangsang leher rahim melunak dan melonggar sehingga sanggup memicu persalinan dini.

Hal tersebut memang benar adanya. Bahkan penggunaan tablet bromelain tidak dianjurkan untuk dikonsumsi boleh ibu selama masa kehamilan. Karena senyawa itu sanggup menimbulkan kontraksi dini dan pendarahan.

Namun, kandungan bromelain di dalam satu buah nanas tidak cukup untuk menawarkan imbas jelek pada kehamilan. Apalagi jikalau hanya menjadi buah suplemen untuk rujak. Menurut penelitian Duke University Medical Center tahun 2011, satu porsi jus nanas segar hanya mempunyai 16 mg bromelain. Jumlahnya sangat kecil untuk sanggup menimbulkan keguguran. Kandungan tersebut pun akan hilang selama proses menjadi jus.

Bagi kalian yang penasaran, kandungan bromelain yang terdapat pada 7 sampai 10 buah nanas segar utuh yang dimakan sekaligus untuk sanggup menawarkan imbas mengugurkan kandungan. Jadi, pada dasarnya nanas sanggup dikonsumsi oleh ibu hamil selama dalam porsi yang masih wajah.

Sementara itu, untuk durian sendiri juga masih belum ada penelitian yang mengaitkannya pada imbas keguguran. Namun, beberapa zat di dalam durian sanggup menimbulkan kontraksi serta kuat pada perkembangan janin.

Asam arachidonat di dalam durian sanggup membentuk prosraglandin, senyawa yang bisa merangsang kontraksi yang mengekibatkan keguguran pada awal kehamilan dan kelahiran prematur pada usia kehamilan memasuki trimester akhir. Selan itu, ada alkohol yang menimbulkan ganguan pada perkembangan janin sehingga menimbulkan kelahiran prematur dengan berat tubuh yang rendah.

Selain itu, durian juga mengandung glukosa yang memicu mual dan muntah selama kehamilan. Gula darah pun bisa saja meningkat jikalau ibu hamil mengonsumsinya dan memungkinkan terjadi diabetes.

BACA JUGA:  Atasi Berbagai Keluhan, Ini 5 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh

Namun, tentu saja hal itu berlaku jikalau kalian mengonsumsi durian secara berlebihan. Ibu hamil harus membatasi konsumsi durian antara 1 sampai 2 biji saja. Imbangi juga dengan nutrisi lainnya dengan memperbanyak sayur serta buah-buahan.

  1. Ibu Hamil Yang Mengidap Diabetes Gestasional Harus Membatasi Konsumsi Nanas Dan Durian

Meskipun telah disebutkan bahwa nanas dan durian aman-aman saja untuk dikonsumsi, para ibu hamil tetap harus berhati-hati. Apalagi bagi kalian yang mengidap diabetes gestasional.

Nanas yang diproses menjadi jus merupakan sumber gula alami yang cukup tinggi. Sehingga bisa saja menimbulkan gula darah meningkat tajam jikalau dikonsumsi dalam jumlah besar. Maka dari itu, jadikan sajian tersebut sebagai suplemen dari masakan lain saja.

Hal tersebut juga berlaku pada durian, sebelumnya telah disebutkan bahwa glukosa dan karbohidrat dalam buah itu sanggup memicu diabetes. Ibu hamil yang mempunyai diabetes gestasional harus membatasi memakan buah satu ini.

Selain itu, sebagian orang mungkin juga mengalami semacam alergi ketika mengonsumsi nanat mirip gatal atau infeksi di mulut, reaksi kulit merah atau gatal, asma, pilek dan lainnya. Alergi tersebut biasanya muncul dalam beberapa menit sehabis mengonsumsi nanas.

  1. Manfaat Besar Nanas Dan Durian Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Hal yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apa nanas dan durian mempunyai manfaat besar untuk ibu dan si calon bayi? Jawabannya, iya ada. Kandungan di dalam nanas dan durian ikut membantu perkembangan janin, lho.

Nanas mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut sanggup menyuplai produksi kolagen yang membantu pertumbuhan kulit, tulang rawan dan tendon bayi. Selain itu, vitamin C juga menunjang kekebalan tubuh kalian selama hamil. Jadi, ibu tidak mudah terjangkit penyakit.

Buah berwarna kuning ini juga merupakan sumber serat yang tinggi sehingga efektif meringankan sembelit yang biasa terjadi pada tahap awal kehamilan. Nanas jug mengandung banyak sekali kandungan lainnya mirip vitamin A, B6, folat, niancin, thiamin, riboflavin,asam pantotenat, besi, magnesium, kalium dan mangan.

Sementara durian, mengandung zinc yang sangat baik untuk kesehatan mata dan jaringan kulit. Ada juga kandungan asam folat yang membantu mendorong pembentukan sel darah merah yang kaya akan oksigen.

Selain itu, asam folat juga merangsang perkembangan safar janin di dalam kandungan. Bahkan, kolestrol jahat di dalam tubuh juga sanggup ditekan oleh Raja Buah ini, lho.

Setelah tahu kebenaran mitos terkait konsumsi nanas dan durian serta keuntungannya yang besar untuk janin, apa kalian masih akan menghindarinya? Eits ingat, dilarang berlebihan, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.