5 Bahan Alami Yang Ampuh Menyembuhkan Cacingan

0
119
224432
224432

Meski Umumnya Diderita Anak-Anak, Namun Cacingan Juga Dapat Terjadi Pada Orang Dewasa. Cari Tahu Cara Mengatasinya, Yuk.

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh anak kecil. Penyakit ini mengacu pada kondisi di mana spesies cacing menembus kulit dan masuk ke dalam tubuh. Anak kecil banyak terkena penyakit ini biasanya lantaran belum mampu menjaga kebersihan diri sendiri. Namun, tidak dipungkiri bahwa orang cukup umur juga mampu mengalami cacingan.

Penyakit satu ini mampu dikenal dari beberapa tanda-tanda yang terperinci mirip kurus namun perut agak buncit, berat tubuh tidak baik meski nafsu makan normal, biasanya pada belum dewasa sering gelisah di malam hari dan menggaruk pantat lantaran gatal pada potongan anus. Selain itu, diare, gangguan lambung, atau sulit buang air besar mampu jadi tanda-tanda cacing di tubuh kalian.

Untuk mencegah cacingan, terdapat 7 materi alami yang terbukti ampuh. Bahan-bahan tersebut juga telah dipakai semenjak zaman kemudian ketika belum ada banyak obat kimia di apotek. Simak artikel di bawah ini, ya.

  1. Bawang Putih Dapat Menyembuhkan Cacingan

Bumbu dapur yang dikenal mempunyai banyak manfaat kesehatan ialah bawang putih. Salah satu keuntungannya yang tidak banyak diketahui orang ialah mengatasi cacingan. Kandungan asam amino yang mengandung berelah di dalamnya bersifat anti-parasit. Hal tersebut efektif membunuih mikroba di dalam tubuh.

Bagi orang dewasa, kalian mampu pribadi mengonsumsi dua sampai tiga siung bawang putih ketika perut kosong setiap harinya. Lakukan secara rutin selama satu minggu. Namun, hal tersebut mungkin sulit untuk anak-anak, para ibu mampu mengiris bawang putih dan di masukkan ke dalam susu atau minuman.

Cara yang lebih gampang lagi yakni dengan menghaluskan bawang tersebut kemudian campurkan dengan minyak esensial. Setelah membentuk mirip pasta, oleskan pada anus dengan memakai kapas.

  1. Manfaat Wortel Untuk Penderita Cacingan

Wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk mata lantaran kandungan vitamin A yang tinggi. Rupanya vitamin A juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan benalu mirip cacing. Serat yang ada pada kuliner ini juga mampu mendorong sistem pencernaan semoga mampu berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:  Ada Banyak Informasi Seputar Kesehatan, Tapi 5 Fakta Kesehatan Ini Masih Belum Diketahui Banyak Orang

Jus wortel mampu jadi olahan yang sempurna untuk mengobati cacingan. Selain itu, kalian mampu menciptakan sup wortel untuk sarapan di pagi hari. Cara ini mampu dipakai oleh belum dewasa maupun orang cukup umur yang sedang terserang cacingan.

  1. Basmi Cacing Di Perut Dengan Kulit Mangga

Mangga merupakan buah tropis yang jadi favorit sebagian orang. Biasanya ketika mengonsumsi mangga, potongan kulit niscaya akan dibuang. Namun, ternyata kulit buah ini mampu mengobati cacingan, lho.

Kulit mengga mempunyai kandungan AHA yang biasanya ditemukan pada produk kecantikan. Kandungan tersebut bersifat antelmintik yang mampu membunuh basil berbahaya dalam tubuh.

Penggunaan kulit mangga hanya dengan merebus kulitnya selama sekitar 15 menit. Namun sebelumnya pastikan kulit tersebut bersih, ya. Minum air rebusannya secara rutin setiap hari sampai cacing keluar dari dalam tubuh.

  1. Biji Pepaya Matang Ampuh Untuk Menghilangkan Cacingan

Selain kulit mangga, potongan buah yang sering dibuang namun rupanya mempunyai manfaat besar ialah biji pepaya matang. Kandungan di dalamnya mirip carpaine, hentriacontane, caricin, benzylisothiocyanate, benzylthiourea, benzylglucosinolate, sitosterol dan glucotropacolin merupakan materi penting untuk membunuh benalu yang mengakibatkan cacingan. Peradangan yang disebabkan oleh perkembangan cacing dan telurnya juga mampu sembuh.

Keringkan terlebih dahulu biji pepaya untuk memanfaatkannya menjadi obat cacing. Lalu haluskan dan campur dengan susu atau air hangat. Minum di pagi hari selagi perut masih kosong.

  1. Atasi Cacingan Dengan Biji Labu

Biji labu mengandung senyawa cucurbitacin dan histidin yang sangat baik untuk membunuh cacing. Senyawa tersebut akan melemahkan cacing dan semua induk cacing yang ada dalam usus. Kemudian cacing akan mati dan telur tidak akan berkembang. Bahan alami satu ini sangat disarankan lantaran jarang mengakibatkan kambuhnya penyakit pada anak dan orang dewasa.

Untuk menggunakannya, cukup lumatkan dua sendok biji labu yang telah dikupas di dalam tiga gelas air mendidih. Minumlah jus biji labu tersebut dalam suhu normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.